PEMBUATAN BAHAN BAKAR CAIR DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH BAN BEKAS MENGGUNAKAN KATALIS DARI LIMBAH BEKAS PERENGKAHAN MINAYAK BUMI PT. PERTAMINA RU III DENGAN METODE PIROLISIS

Muhammad Roy Tri Handono, Nim. 122011033 (2016) PEMBUATAN BAHAN BAKAR CAIR DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH BAN BEKAS MENGGUNAKAN KATALIS DARI LIMBAH BEKAS PERENGKAHAN MINAYAK BUMI PT. PERTAMINA RU III DENGAN METODE PIROLISIS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI304-1704223978.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan limbah ban bekas meningkat setiap tahun berbanding lurus dengan pertumbuhan kendaraan bermotor. Dan masalah yang ditimbulkan oleh limbah ban bekas semakin bertambah apabila tidak ada penanggulangan yang tepat untuk mengurangi limbah ban bekas. Pirolisis katalitik adalah salah satu cara untuk mengubah ban bekas dari bentuk limbah ke bentuk lain yang mempunyai manfaat yaitu bahan bakar cair. Polystirena yang terkandung dalam ban bekas adalah polimer sintetis yang dapat diubah menjadi bahan bakar cair dengan metode pirolisis. Katalis bekas perengkahan minyak bumi PT Pertamina RU III Palembang masih dapat digunakan kembali sebagai katalis pada pirolisis ban bekas untuk meningkatkan proses dengan cara menurunkan suhu perengkahan dan waktu perengkahan sehingga diperoleh bahan bakar cair yang maksimal. Proses dilakukan dengan menggunakan karet ban bekas 500 gram dengan katalis 0%, 20%, 40%, 60% dan 80% dari berat karet ban bekas dengan waktu pemanasan selama 120 menit dan 180 menit Dari hasil penelitian diperoleh volume bahan bakar cair terbanyak dihasilkan dair penambahan katalis 80% dari berat karet ban bekas dengan waktu pirolisis 180 menit yaitu 71 ml. Bahan bakar cair yang didapat kemudian di analisa menggunakan Gas Chromtography. Dari analisa tersebut didapatkan hasil dari pirolisis karet ban bekas menggunakan katalis bekas perengkahan minyak bumi PT Pertamina RU III Palembang adalah bahan bakar mendekati premium. Kesimpulan yang diperoleh bahwa karet ban bekas yang mengandung polystirena dapat diolah menjadi bahan bakar cair.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Ir. Kgs. A. Roni, M.T. 2. Heni Juniar, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Pirolisis, Ban Bekas, Polystirena, Katalis Bekas Perengkahan Minyak Bumi Pertamina RU III
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Irwan syah
Date Deposited: 24 Oct 2018 02:50
Last Modified: 24 Oct 2018 02:50
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.