PENGARUH KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB SISWA MTS MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

LIZA PRATIWI, NIM. 622014007 (2018) PENGARUH KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB SISWA MTS MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622014007_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
622014007_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis seberapa besar pengaruh kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa terhadap kemampuan berbahasa Arab. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa kemampuan dalam penguasaan baca Al-Qur’an yang kurang. Padahal, kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an merupakan modal awal seseorang dalam mempelajari Bahasa Arab. Hal yang demikian tentu akan menjadi suatu rintangan dalam menyampaikan suatu mata pelajaran yang berkaitan dengan Bahasa Arab dan akan berpengaruh pada kemampuan berbahasa Arab itu sendiri. Jenis penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif karena dalam penelitian ini peneliti lebih menekankan pada pengumpulan yang berupa angka-angka. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Data-data diperoleh di analisis dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan; kemampuan baca tulis Al-Qur’an terhadap kemampuan berbahasa Arab siswa MTs Muhammadiyah 1 Palembang, dari perhitungan analisis diatas, diperoleh nilai rxy=1,0099 apabila dikonsultasikan dengan tabel product moment untuk nilai N=30, selanjutnya dicari dfnya dengan mengurang jumlah responden dengan jumlah variabel dfnya adalah 30-2=28, pada urutan df 28 didapat pada taraf signifikan 5%=0,361 sedangkan pada taraf signifikan 1%=0,463. Ternyata rxy atau ro(yang besarnya 1,0099) adalah jauh lebih besar daripada rtabel (yang besarnya 0,361 dan 0,463). Karena r tabel ro lebih besar daripada rtabel, maka Hipotesis Nol ditolak. Berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Kesimpulannya terdapat pengaruh antara kemampuan baca tulis Al-Qur’an terhadap kemampuan berbahasa Arab siswa MTs Muhammadiyah 1 Palembang. Kata Kunci: Bahasa arab, Alquran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Azwar Hadi, S.Ag., M.Pd.I 2. Ahmad Jumhan, S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Bahasa arab, Alquran
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 24 Jun 2019 05:11
Last Modified: 24 Jun 2019 05:12
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4543

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.