PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI SMA YWKA PALEMBANG

Tarikul Jannah, NIM. 342014116 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI SMA YWKA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014116_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (895kB) | Preview
[img] Text
342014116_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMA YWKA Palembang. Penelitian ini dilakukan di SMA YWKA Palembang pada tanggal 19 Oktober-02 November 2018. Metode penelitian menggunakan Quasi eksperimen dengan desain Non equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan dari ke enam indikator kemampuan berpikir kritis siswa yang diamati dengan menggunakan model pembelajaran group investigation muncul dengan persentase yang berbeda. Indikator yang memperoleh persentase paling tinggi pada kelas kontrol adalah indikator mengevaluasi (85,2%) dan indikator yang memperoleh persentase paling rendah adalah indikator regulasi diri (29,4%). Sedangkan Indikator yang memperoleh persentase paling tinggi pada kelas eksperimen adalah indikator menjelaskan (99,2%) dan indikator yang memperoleh persentase paling rendah adalah indikator regulasi diri (52,9%). Selain itu hal tersebut dapat dilihat juga dari analisis data nilai uji-t, nilai sig. 0,000 < 0,05 artinya Ha dinyatakan diterima, maka model pembelajaran yang digunakan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada materi keanekaragaman hayati di SMA YWKA Palembang. Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran group investigation (GI).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Sri Wardhani, M.Si. 2. Ervina Mukharomah, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran group investigation (GI).
Subjects: Biologi > Ilmu Hewan
Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 15 May 2019 04:38
Last Modified: 15 May 2019 04:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4468

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.