PENGEMBANGAN ASESMEN BIOLOGI BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

MAULIDIYAH YULIANDINA, NIM. 342014071 (2019) PENGEMBANGAN ASESMEN BIOLOGI BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014071_ BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342014071_BAB II_ SAMPAI BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Asesmen Biologi, Keterampilan Berpikir Kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan dan kelayakan asesmen Biologi berbasis keterampilan berpikir kritis (KBK). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Produk yang akan dikembangkan berupa asesmen Biologi berbasis keterampilan berpikir kritis. Pengembangan yang dilakukan menggunakan model pengembangan dari adaptasi McIntire. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, kuesioner, soal essay berpikir kritis dan lembar observasi. Validasi ahli dilakukan oleh 2 validator ahli; 1) ahli materi; dan 2) ahli evaluasi keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan statistik Aiken’s V dan analisis kuantitatif dengan menggunakan program SPSS versi 16 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian ini berupa asesmen Biologi berbasis keterampilan berpikir kritis berbentuk uraian/essay dengan materi kelas XI semester genap dan menghasilkan produk akhir soal dari uji coba ke-1 dan ke-2 berjumlah 34 butir soal. Kelayakan asesmen Biologi berbasis keterampilan berpikir kritis berdasarkan validator ahli hasilnya terkualifikasi cukup dan sangat tinggi serta berdasarkan hasil validitas empiris butir soal dinyatakan pada uji coba ke-1 valid dengan 30 soal, pada uji coba ke-2 valid dengan 34 soal, untuk nilai reliabel uji coba ke-1 rata-rata terkategori bagus sekali dengan nilai 0,841 dan ke-2 rata-rata terkategori bagus sekali dengan nilai 0,836. Pada uji kesukaran soal pada uji coba ke-1 rata-rata soal tergolong sukar dengan nilai 0,289 dan uji coba ke-2 rata-rata terkategori sedang dengan nilai 0,514 dan uji daya pembeda untuk uji coba ke-1 dan ke-2 terkategori cukup dengan nilai 0,23 dan 0,27.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd. 2. Sulton Nawawi, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Asesmen Biologi, Keterampilan Berpikir Kritis.
Subjects: Biologi
Administrasi Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan
Administrasi Pendidikan > Mengajar dan Pengajar
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Apr 2019 04:30
Last Modified: 11 Apr 2019 04:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4303

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.