KORELASI ANTARA HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI JAMUR KELAS X DI MA BABUSSALAM PAYARAMAN

MARLENI, NIM. 342014101 (2019) KORELASI ANTARA HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI JAMUR KELAS X DI MA BABUSSALAM PAYARAMAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014101_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342014101_BAB II_ SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)

Abstract

ABSTRAK Marleni. 2019. Korelasi Antara Hasil Belajar dan Motivasi Belajar dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Jamur Kelas X di MA Babussalam Payaraman. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd.,(II) Ervina Mukharomah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Korelasi, Hasil belajar, Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Terbimbing Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar dan motivasi belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi jamur kelas X di MA Babussalam Payaraman. Metode penelitian yang digunakan Pre-Eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest design. Populasi pada penelitian adalah seluruh kelas X yang berjumlah 122 siswa. Sampel pada penelitian ini dilakukan di kelas X MA Babussalam Payaraman, yang terdiri dari satu kelas yaitu X MIA 1 yang diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara hasil belajar dan motivasi belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi jamur kelas X di MA Babussalam Payaraman. Perhitungan dengan analisis korelasi Product Moment diperoleh nilai koefesien korelasi (r) sebesar 0,536 dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat korelasi tingkat sedang. Artinya dapat disimpulkan Ha diterima, hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara hasil belajar dan motivasi belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi jamur kelas X di MA Babussalam Payaraman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dra. Hj. Asepptianova, M.Pd. 2. Ervina Mukharoma, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Korelasi, Hasil belajar, Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Terbimbing
Subjects: Administrasi Pendidikan > Studi dan Pengajaran Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Apr 2019 03:36
Last Modified: 11 Apr 2019 03:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4299

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.