PENGARUH LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP SIKAP KRITIS SISWA DI SMP NEGERI 2 LALAN

NURUL ISTIQOMAH, NIM. 342014028 (2019) PENGARUH LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP SIKAP KRITIS SISWA DI SMP NEGERI 2 LALAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014028_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (933kB) | Preview
[img] Text
342014028_BAB II_SAMPAI_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)

Abstract

Kata Kunci: Discovery Learning, Lingkungan Sekolah, Sikap Kritis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dengan penerapan model Discovery Learning terhadap sikap kritis siswa di SMP Negeri 2 Lalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol tak setara (non equivalent contol group design). Sampel yang digunakan berjumlah 68 siswa kelas VII yang diambil dari kelas VII 2 berjumlah 34 orang dan kelas VII 3 berjumlah 34 orang. Kelas VII 3 menjadi kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model discovery learning dengan sumber belajar lingkungan sekitar sekolah dan kelas VII 2 menjadi kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model talking stick. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi untuk memperoleh nilai sikap kritis dan keterampilan. Berdasarkan hasil uji hipotesis uji Mann-Whitney U test two sample penilaian sikap kritis pada kelas VII 3 menggunakan model discovery learning dengan sumber belajar lingkungan sekolah dan kelas kontrol menggunakan model talking stick nilai signifikansi (2-tailed) 0,000. Jika nilai signifikansi (sig.) 2-tailed α < 0,05/2, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada antara sikap kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan penerapan model discovery learning terhadap sikap kritis siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan d SMP Negeri 2 Lalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Lia Auliandari, S.Si., M.Sc. 2. Ade Kartika, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Lingkungan Sekolah, Sikap Kritis
Subjects: Administrasi Pendidikan > SMP dan SMA
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 10 Apr 2019 06:11
Last Modified: 10 Apr 2019 06:11
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4290

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.