PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X MIA DI SMA NEGERI 1 TL. UBI TAHUN AJARAN 2018/2019

VERA YUNITA, NIM. 342014084 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X MIA DI SMA NEGERI 1 TL. UBI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014084_BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342014084_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)

Abstract

Kata kunci: Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R), Kemampuan Berpikir Kritis, Keanekaragaman Hayati Pendidikan sangat memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa karena melalui kegiatan pendidikan dapat menuju terwujudnya bangsa indonesia sebagai bangsa yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Salah satu upaya yang ingin dicapai pada kurikulum 2013 adalah mencetak generasi yang memiliki kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran survey, quetion, read, reflect, recite, review (SQ4R) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MIA di SMA Negeri 1 TL. Ubi Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperiment, Populasi ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 TL. Ubi, sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu X MIA 1 sebagai kelas Eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas Kontrol, Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t Hasil Penelitian didapatkan bahwa rata-rata penguasaan kemampuan berpikir kritis pada tes awal kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SQ4R adalah 40,92 meningkat menjadi 80,25 pada tes akhir, sedangkan pada kelas kontrol nilai tes awal yang menggunakan model konvensional adalah 40,50 meningkat menjadi 74,31. Berdasarkan analisis uji- t berpasangan dan uji t- tidak berpasangan di dapatkan hasil nilai signifikasi 2- tailed sebesar 0,000<0,05 yang artinya bahwa Ho di tolak dan Ha diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite dan Review (SQ4R) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi keanekaragaman hayati kelas X MIA di SMA Negeri 1 Talang Ubi tahun ajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Nizkon, M.Si. 2. Ade Kartika, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R), Kemampuan Berpikir Kritis, Keanekaragaman Hayati
Subjects: Biologi
Biologi > Ekologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 09 Apr 2019 03:43
Last Modified: 09 Apr 2019 03:43
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4257

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.