PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 PALEMBANG PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

SEPTI KURNIA, NIM. 342014090 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 PALEMBANG PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014090_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342014090_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)

Abstract

Pendidikan nasional telah diatur dan didefinisikan dalam undang-undang sistem pendidikan nasional (UU Sisdiknas) Nomor 20 tahun 2016 yang didefinisikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pendidikan agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, dipengaruhi oleh meodel, metode, dan media pembelajaran yang digunakan. berpikir kritis merupakan proses dengan tujuan agar setiap individu dapat membuat keputusan-keputusan yang masuk akal, sehingga apa yang dianggap terbaik tentang suatu kebenaran dapat dilakukan dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP negeri 7 Palembang pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperiment, Populasi ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan VIII 3 sebagai kelas kontrol, Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata penguasaan kemampuan berpikir kritis pada tes awal kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran POGIL adalah 52,00 meningkat menjadi 80,34 pada tes akhir, sedangkan pada kelas kontrol nilai tes awal yang menggunakan model konvensional adalah 42,97 meningkat menjadi 75,28. Berdasarkan analisis uji-t berpasangan dan uji t- tidak berpasangan didapatkan hasil nilai signifikasi 2-tailed sebesar 0,000<0,05 yang artinya bahwa Ho di tolak dan Ha diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP negeri 7 Palembang pada materi sistem pencernaan manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Nizkon, M.Si. 2. Ade Kartika, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem pencernaan Manusia.
Subjects: Biologi > Fisiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 09 Apr 2019 03:26
Last Modified: 09 Apr 2019 03:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4255

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.