Peran Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Dalam Meningkatkan Hafalan Juz 30 Siswa Di SMK Muhammadiyah 1 Palembang

ARI BUDI PRATAMA, NIM. 622015047 (2019) Peran Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Dalam Meningkatkan Hafalan Juz 30 Siswa Di SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622015047_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (758kB) | Preview
[img] Text
622015047_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)

Abstract

Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) adalah Organisasi dakwah di kalangan pelajar sudah seharusnya IPM menjadi bahan percontohan bagi setiap pelajar lainnya khususnya di sekolah-sekolah Muhammadiyah. Dalam pendidikan di Muhammadiyah Ikatan Pelajar Muhammadiyah mempunyai peran penting dalam membantu meningkatkan kualitas siswa lainnya terutama dalam hal kajian kajian islami dan baca al-Quran karena baca al-quran merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan dan di pelajari oleh setiap muslim untuk dari itu dengan program SMK Muhammadiyah 1 Palembang yaitu Tahfiz Juz 30 Ikatan Pelajar Muhammadiyah membantu meringankan beban sekolah dalam upaya penigkatan hafalan Juz 30 siswa SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Adapun tujuan penelitian ini untuk memdeskripsikan Pertama Peran Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam meningkatkan hafalan juz 30 siswa SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Kedua Konsep Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam meningkatkan hafalan juz 30 di SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Ketiga Faktor Pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hafalan juz 30 siswa di SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan tehnik pengumpulan data di lakukan memlalui observasi dan Wawancara Maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pertama Peran Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam meningkatkan hafalan juz 30 siswa SMK Muhammadiyah 1 Palembang sangat aktif karena di lihat dari program yang sudah terealisasi terutama kegiatan Pengajian Islam Rutin di SMK Muhammadiyah 1 Palembang yang dilaksanakan seminggu sekali. Kedua Konsep Ikatan Pelajar Muhammadiyah dalam meningkatkan hafalan juz 30 siswa SMK Muhammadiyah 1 Palembang dengan kegiatan Pengajian Islam Rutin dalam rancangan kegiatan tersebut juga sudah di atur pelaksanaan kegiatan bagaimana siswa harus mencapai target hafalan juz 30 sesuai dengan program SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Ketiga Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hafaln juz 30 siswa SMK Muhammadiyah 1 Palembang (Faktor Pendukung) sekolah selalu memberikan dukungan baik itu moril maupun materil sehingga kegiatan Ikatan Pelajar Muhammadiyah di sekolah bisa berjalan dengan lancar dan sukses (Faktor Penghambat) 1. Siswa masih sering malas untuk mengikuti kegiatan tersebut, di karenakan siswa beralasan kegiatan Pengajian Islam Rutin ini bukan merupakan kegiatan wajib dari sekolah. 2 waktu pelaksanaan kegiatan yang sering bentrokan dengan kegiatan Bimbingan Belajar siswa di luar sekolah atau dengan kegiatan Ekstrakulikuler di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Suroso PR, S.Ag, M.Pd.I. 2. Rulitawati S.Ag, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Peran Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dalam Meningkatkan Hafalan Juz 30 Siswa Di SMK Muhammadiyah 1 Palembang
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 09 Apr 2019 05:53
Last Modified: 09 Apr 2019 05:53
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4219

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.