UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI METODE KERJA KELOMPOK DI MADRASAH IBTIDAIYAH ITTIHADUL UMMAH PALEMBANG

TRI NUR RIZKI, NIM. 622015041 (2019) UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI METODE KERJA KELOMPOK DI MADRASAH IBTIDAIYAH ITTIHADUL UMMAH PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622015041_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622015041_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)

Abstract

Proses pembelajaran merupakan proses yang aktif antara guru dengan peserta didik. Dalam proses pembelajaran tersebut, seorang guru Bahasa Arab hendaknya memiliki suatu cara atau metode yang harus ia gunakan dalam mengajar yang bertujuan agar siswa yang menjadi objek pendidikan tersebut merasa senang untuk belajar khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah, penelitian deskriptif kualitatif adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis data sebagai berikut : Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya peneliti dapat menyimpulkan : Pertama, bahwa dalam proses pembelajaran Bahasa Arab siswa cenderung pasif, hanya mendengarkan saja, hal ini sangat berpengaruh besar terhadap aspek kognitif siswa,dan ini akan berdampak kepada naik dan turunnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran bahasa arab di madrasah ibtidaiyah Ittihadul Ummah Palembang menggunakan metode kerja kelompok agar siswa lebih dapat aktif dan mandiri dalam proses pembelajaran Kedua, Penerapan metode kerja kelompok di madrasah ibtidaiyah ittihadul ummah Palembang. Terdapat 12 siswa yang menjawab pertanyaan angket dengan nomor item 3,6 dan 7 dengan jawaban Tidak. Sehingga tergolong kedalam kategori rendah. Selanjutnya terdapat 17 siswa yang menjawab pertanyaan angket dengan nomor item 4 dan 5 dengan jawaban Tidak, sehingga tergolong kedalam kategori yang Sedang. Dan yang terakhir terdapat 31 siswa yang menjawab pertanyaan angket dengan nomor item 1,2,8,9 dan 10 dengan jawaban Ya, sehingga tergolong kedalam kategori Tinggi. Ketiga, terdapat faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam metode kerja kelompok. Yaitu faktor pendukung, siswa lebih aktif dalam menyampaikan pendapat mereka dan lebih mandiri untuk mencari jawaban dari soal yang diberikan oleh guru. Dan faktor penghambat, siswa belum terbiasa dengan metode kerja kelompok sehingga saat diadakan metode kerja kelompok siswa lebih asik sendiri dan tidak terlalu memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru di depan kelas. Kata Kunci : UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN METODE KERJA KELOMPOK

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Suroso.,S.Ag.,M.Pd.I 2. Sayid Habibburahman.,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN METODE KERJA KELOMPOK
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 27 Mar 2019 04:29
Last Modified: 27 Mar 2019 04:29
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3944

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.