PERBANDINGAN PENERAPAN KURIKULUM PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH AISYIYAH 1 PALEMBANG (Studi Komperatif Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Kurikulum 2013)

Reci Tapepa, 622015046 (2019) PERBANDINGAN PENERAPAN KURIKULUM PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH AISYIYAH 1 PALEMBANG (Studi Komperatif Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Kurikulum 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622015046_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text
622015046_BAB II_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan pemaparan latarbelakang di atas, peneliti ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Penerapan Kurikulum Pada Mata pelajaran Fiqih di Mts Aisyiyah 1 Palembang (Studi Komperarif Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Kurikulum 2013). Pengembangan kurikulum adalah perancanaan kesempatan-kesempatan belajar yang dimaksud untuk membawa siswa kearah perubaha-perubahan yang diinginkan dan nilai hingga mana perubahan-perubahan itu telah terjadi pada diri siswa. Dalam proses belajar mengajar pengembangan kurikulum sangat penting karena pengembangan kurikulum sebagai tahap lanjut dari pembinaan yakni kegiatan yang mengarah untuk menghasilkan suatu kurikulum baru. Dalam kegiatan tersebut meliputi penyusunan-penyusunan pelaksanaan penelitian dan penyempurnaan. Melalui tahap tersebut akan menghasilkan kurikulum baru. Dengan banyaknya pergantian kurikulum pendidikan selama ini dari kurikulum 1968(politis), 1975 (MBO), 1984 (CBSA), 1994 (CBAS), 2004 (KBK), 2006 (KTSP), dan 2013(K-13). Disetiap penerapan kurikulum pendidikan tersebut pada pelaksanaan atau penerapan dilapangan ada yang sudah sesuai dengan implementasi yang diinginkan oleh semua pihak yang bersangkutan dan ada juga sebagian belum sesuai dengan tuntunan kurikulum tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunkan pendekatan kualitatif yang di lakukan pada semester genap tahun pelajaran 2019, tepatnya dimulai tanggal 07-31 Januari 2019. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisi kualitatif model interaktif yang dilakukan selama dan setelah kegiatan pengumpulan data yang dilakukan. Kegiatan ini meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di peroleh hasil bahwa penerapan Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada mata pelajaran Fiqih di kelas VIII di MTs Aisyiyah 1 Palembang melalui tahap perancanaan dengan penyusunan RPP berdasarkan acuan silabus kurikulum 2006, menganalisis kondisi siswa, memilih media dan sumber belajar, dan melakukan evaluasi. Sedangkan pada penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran fiqih kelas IX di MTs Aisyiyah 1 Palembang dengan melalui tahap perancanaan dilakukan menyusun RPP berdasarkan silabus kurikulum 2013, tahap pelaksanaan dilakukan dengan menerapkan pendekatan scientific melalui lima langkah yiatu mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan menkomunikasikan. Tahap evaluasi dilakukan terhadap 3 aspek yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kata kunci : kurikulum 2006 dan kurikulum 2013, mata pelajaran fiqih di MTs Aisyiyah 1 Palembang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Azwar Hadi, S.Ag.,M.Pd.I 2. Rulitawati, S.Ag.,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: kurikulum 2006 dan kurikulum 2013, mata pelajaran fiqih di MTs Aisyiyah 1 Palembang
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metodelogi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 22 Mar 2019 03:18
Last Modified: 22 Mar 2019 03:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3747

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.