PERANAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENYELESAIKAN KOMPLAIN AUTOMATIC TELLER MECHINE (ATM) PADA BANK SUMSEL BABEL SYARI’AH KANTOR KAS RUMAH SAKIT ISLAM SITI KHADIJAH PALEMBANG

ERISTRIANI, NIM. 642015020 (2019) PERANAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENYELESAIKAN KOMPLAIN AUTOMATIC TELLER MECHINE (ATM) PADA BANK SUMSEL BABEL SYARI’AH KANTOR KAS RUMAH SAKIT ISLAM SITI KHADIJAH PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
642015020_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (813kB) | Preview
[img] Text
642015020_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB)

Abstract

Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang. Salah satu fasilitas yang diberikan dari bank untuk mempermudah nasabah bank dalam melakukan transaksi yang dilakukan tidak harus datang ke teller bank yaitu kartu Automatic Teller Mechine (ATM). Dalam pemakaiannya, terkadang kartu Automatic Teller Mechine (ATM) ini mengalami masalah kegagalan transaksi yang dialami oleh nasabah, nasabah yang mengalami kegagalan transaksi akan melakukan pengaduan keluhan/komplain terhadap bank, Pengaduan ini tentunya pertama kali akan dituangkan kepada Customer Service. Peranan Customer Service pada sebuah bank sangat perperan penting, pada dunia perbankan peranan utama seorang Customer Service adalah memberikan pelayanan dan membina hubungan dengan masyarakat. Dalam hal menangani keluhan dari nasabah inilah Customer Service menjadi salah satu petugas yang berperan penting dalam penylesaian komplain Automatic Teller Mechine (ATM) dari nasabah. Permasalahan yang diangkat dalam Tugas Akhir ini adalah bagaimana peranan Customer Service dalam menyelesaikan komplain dari nasabah terkait dengan masalah kartu Automatic Teller Mechine (ATM) dan bagaimana penyelesaian komplain Automatic Teller Mechinen (ATM) terhadap nasabah Bank Sumsel Babel Syari’ah Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi terhadap keterangan dan penjelasan yang sesuai dengan masalah yang diteliti. Dalam menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Customer Service memegang peranan penting dalam mengelola komplain dari nasabah karena Customer Service menjadi perantara antara nasabah yang mengajukan komplain dengan pihak yang nantinya akan menyelesaikan masalah tersebut. Penyelesaian komplain yang dilakukan oleh Customer Service bank tersebut akan diselesaikan maksimal 14 hari kerja diluar hari libur dan jika belum selesai bisa dilakuakan perpanjangan sampai 20 hari kerja, tetapi pihak bank akan mengusahakan sesuai dengan peraturan bank yaitu 14 hari kerja. jika komplain telah terselesaikan pihak Customer Service akan menginformasikan ke pada nasabah yang melakukan komplain bahwa komplainnya sudah terselesaikan. Kata kunci:Peranan Customer Service, Penyelesaian komplain, Automatic Teller Mechine (ATM)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Rijalush Shalihin,S.E,.I.,M.H.I 2. Rina Dwi Wulandari,S.E,.M.Si
Uncontrolled Keywords: Peranan Customer Service, Penyelesaian komplain, Automatic Teller Mechine (ATM)
Subjects: Ekonomi Syariah > Bank Syariah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 22 Mar 2019 01:19
Last Modified: 23 Mar 2019 02:02
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3691

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.