PERLINDUNGAN KONSUMEN MASKAPAI PENERBANGAN PT.CITLINK INDONESIA JIKA JADWAL PENERBANGAN TIDAK EFEKTIF

Vera Thea Liswenda, Nim. 502012062 (2016) PERLINDUNGAN KONSUMEN MASKAPAI PENERBANGAN PT.CITLINK INDONESIA JIKA JADWAL PENERBANGAN TIDAK EFEKTIF. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI211-1704135825.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tidak selamanya Maskapai Penerbangan dapat memberikan ketepatan waktu atau on time performance. Yang menjadi permasalahannya adalab bagaimana pihak maskapai penerbangan PT.Citilink Indonesia memberikan perlindungan terhadap konsumen jika jadwal penerbangan tidak efektif dan apa saja yang menjadi kendala pihak maskapai penerbangan PT.Citilink Indonesia dalam memberikan perlindungan terhadap konsumen jika jadwal penerbangan tidak efektif. Penelitian ini adaiah penelitian hukum empiris yang bersifat deskriftif yang diambil data primer dengan melakukan wawancara dan data sekunder dengan mengelolah data dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penelitian keperpustakaan dengan jalan meneliti dokumen-dokumen yang ada yaitu dengan mengumpulkan data dan informasi baik berupa buku-buku, karangan ilmiah, peraturan perundang-undangan dan bahan tertulis lainnya, dan penelitian lapangan untuk mendapatkan data dan informasi penulis terjun langsung ke objek penelitian pada pihak maskapai penerbangan PT.Citilink Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa pihak maskapai Penerbangan PT.Citilink Indonesia memberikan perlindungan terhadap konsumen jika jadwal penerbangan tidak efektif karena faktor teknik operasioanal. Ganti rugi yang dimaksud adaiah dengan memberikan makanan dan minuman jika keterlamabtan 30-60 menit dan kctcriamabatan lebih dari 4 jam diberikan ganti rugi sebesar Rp.300.000 (tiga ratus ribu rupiah) per penumpang Sesuai dengan yang ditetapkan oleh Peraturan Menteri Perhubungan. Adapun ganti rugi yang tidak diberikan oleh pihak Maskapai Penerbangan PT.Citilink Indonesia terhadap konsumen yaitu faktor yang mempengaruhi jadwal penerbangan tidak efektif tersebut karena faktor cuaca. Adapun Kendala yang dihadapi pihak Maskapai Penerbangan PT.Citilink Indonesia dalam memberikan perlindungan terhadap konsumen jika jadwal penerbangan tidak efektif untuk memberikan ganti rugi tidak ada kendala yang dihadapi karena pihak maskapai sudah mengiHuti peraturan yang ditetapkan Menteri Perhubungan tetapi yang menjadi kendala pihak maskapai adaiah dalam memberikan perlindungan hak terhadap konsumen yaitu hak untuk mendapatkan keamanan, hak untuk mendapatkan informasi, hak untuk didengar, hak untuk memilih. Kata Kunci: perlindungan konsumen, maskapai penerbangan, tidak efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, Hj. Alriza Gusti, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: perlindungan konsumen, maskapai penerbangan, tidak efektif
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Irwan syah
Date Deposited: 23 Oct 2018 01:00
Last Modified: 23 Oct 2018 01:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.