KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA YAYASAN PERGURUAN ISLAM PENDOPO (SMP YPIP) KABUPATEN PALI

SRI AGUSTINA, NIM. 312014015 (2019) KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA YAYASAN PERGURUAN ISLAM PENDOPO (SMP YPIP) KABUPATEN PALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312014015_BAB I_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (852kB) | Preview
[img] Text
312014015_BAB II_SAMPAI_BAB_TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Kemampuan, Menulis, Narasi, Think-Talk-Write (TTW). Latar belakang penelitian ini adalah penggunaan model Think-Talk-Write (TTW) untuk membantu siswa menulis karangan narasi. Penggunaan model Think-Talk-Write (TTW) akan membantu siswa berusaha untuk menggambarkan sesuatu hal sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Kegiatan seperti ini menumbuhkan sifat kreatif bagi siswa dalam menampilkan gagasan dan keahlian memilih kata serta merangkainya menjadi kalimat. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimakah kemampuan siswa menulis karangan narasi melalui model Think-Talk-Write (TTW) di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Perguruan Islam Pendopo (SMP YPIP) Kabupati Pali? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi melalui model Think-Talk-Write (TTW) di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Perguruan Islam Pendopo (SMP YPIP) Kabupaten Pali sehingga dengan adanya deskripsi tersebut maka penulis akan mendapat informasi yang jelas tentang tingkat kemampuan siswa menulis karangan narasi berdasarkan model Think-Talk-Write (TTW). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan melalui tes, observasi, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C Sekolah Menengah Pertama Yayasan Perguruan Islam Pendopo (SMP YPIP) Kabupaten Pali yang berjumlah 101 siswa. Sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik sample random sampling sehingga diperoleh siswa kelas VII C sebagai sample penelitian denganjumlah siswa 28 orang. Berdasarkan hasil pembahasan data tes dari penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII C Sekolah Menengah Pertama Yayasan Perguruan Islam Pendopo (SMP YPIP) Kabupaten Pali mampu menulis karangan narasi dengan kategori baik setelah diterapkan model Think-Talk-Write (TTW) yang dilihat dari rata-rata yang diperoleh yaitu 73,64. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi siswa kelas VII Menengah Pertama Yayasan Perguruan Islam Pendopo (SMP YPIP) Kabupaten Pali mampu menulis karangan narasi berdasarkan model Think-Talk-Write (TTW) terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I. Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd 2. Dra. Ismayati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Menulis, Narasi, Think-Talk-Write (TTW)
Subjects: Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Mar 2019 02:39
Last Modified: 16 Mar 2019 02:39
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3436

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.