DAMPAK KEBIJAKAN POLITIK ETHIS TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN RAKYAT PALEMBANG TAHUN 1900-1942 (SEBAGAI SUMBANGAN MATERI SEJARAH DI SMA NEGERI 2 PALEMBANG)

Dikki Mizwar, 352014023 (2019) DAMPAK KEBIJAKAN POLITIK ETHIS TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN RAKYAT PALEMBANG TAHUN 1900-1942 (SEBAGAI SUMBANGAN MATERI SEJARAH DI SMA NEGERI 2 PALEMBANG). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
352014023_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (781kB) | Preview
[img] Text
352014023_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Mizwar, Dikki. 2019. Dampak Kebijakan Politik Ethis terhadap Perkembangan Pendidikan Rakyat Palembang tahun 1900-1942 (Sebagai Sumbangan Materi Sejarah di SMA Negeri 2 Palembang). Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dra. Fatmah, M. Hum (II) Heryati, S.Pd., M. Hum. Kata Kunci : Kebijakan Politik Ethis, Pendidikan Rakyat Palembang Penelitian ini dilatar belakangi oleh penulis untuk mengetahui Dampak Kebijakan Politik Ethis terhadap Perkembangan Pendidikan Rakyat Palembang tahun 1900-1942 (Sebagai Sumbangan Materi Sejarah di SMA Negeri 2 Palembang). Rumusan masalah (1) Bagaimana perkembangan pendidikan rakyat di Palembang sebelum penerapan politik ethis? (2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan rakyat Palembang saat dilaksanakannya politik ethis tahun 1900-1942? (3) Bagaimana dampak dari pelaksanaan politik ethis terhadap perkembangan pendidikan rakyat di Palembang pada tahun 1900-1942? (4) Bagaimana bentuk sumbangan materi sejarah tentang dampak kebijakan politik ethis terhadap perkembangan pendidikan rakyat Palembang tahun 1900-1942? Metode penelitian: metode historis dan jenis penelitian kajian pustaka, dengan pendekatan penelitian meliputi pendekatan geografi, sosiologi, ekonomi, antropologi, politik dan historis. Kesimpulan: (1) Perkembangan pendidikan rakyat di Palembang sebelum penerapan politik ethis, pada awalnya pendidikan Islam menjadi alur utama pendidikan di Sumatera Selatan setelah kolonial berkuasa, pendidikan modern dengan sistem Barat menjadi alur utama dunia pendidikan di Sumatera Selatan. (2) Pelaksanaan pendidikan rakyat Palembang saat dilaksanakannya politik ethis tahun 1900-1942, awalnya masyarakat tidak antusias menanggapi tawaran tersebut, abad ke 20 masyarakat mulai merasa membutuhkan pendidikan Belanda karena alasan kesempatan kerja yang lebih terbuka jika seseorang mempunyai ijazah diploma sekolah Belanda. (3) Dampak pelaksanaan politik ethis bidang pendidikan di Palembang tahun 1900-1942: banyak didirikan sekolah-sekolah, mengurangi tingkat buta huruf, munculnya golongan terpelajar. (4) Bentuk Sumbangan yang di sumbangkan di SMA Negeri 2 Palembang, berbentuk leaflet, sebagai suatu sumbangan materi sejarah di kelas XI pada pokok bahasan Menganalisis Tumbuhnya Ruh Kebangsaan dan Nasionalisme dengan sub bahasan Politik Ethis. Saran: (1) Bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah, teruslah mencari inspirasi dan referensi dalam mengembangkan penelitian selanjutnya. (2) Bagi pembaca, dengan membaca keseluruhan tulisan ini diharapkan dapat lebih memahami isi penelitian tentang Dampak Kebijakan Politik Ethis terhadap Perkembangan Pendidikan Rakyat Palembang tahun 1900-1942. (3) Bagi sekolah, diharapkan bahan ajar dalam penelitian ini dapat dijadikan referensi oleh guru kepada siswa SMA Negeri 2 Palembang khususnya pada mata pelajaran Sejarah Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra.Fatmah.,M.Hum Heryati.,S.Pd.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Politik Ethis, Pendidikan Rakyat Palembang
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 09 Mar 2019 01:39
Last Modified: 09 Mar 2019 01:39
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3128

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.