KEDUDUKAN ASAS KEPERCAYAAN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI MELALUI MEDIA TOKO ONLINE DITINJAU DARI UU NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

Fiona Ade Fitri, Nim. 502013166 (2017) KEDUDUKAN ASAS KEPERCAYAAN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI MELALUI MEDIA TOKO ONLINE DITINJAU DARI UU NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI176-1704127110.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian hukum ini mengkaji dan menjawab permasalahan mengenai kedudukan asas kepercayaan dalam jual beli melalui media toko online ditinjau dari UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik serta tanggung jawab penjual apabila melakukan wanprestasi dalam transaksi jual beli melalui media toko online. Dalam skripsi ini, penulis menggunakan penelitian hukum normatif Penelitian yang dilakukan peneliti ini bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, yakni dengan cara mengkaji bahan-bahan hukum bahan hukum primer, berupa peraturan perundang-undangan yang relevan dengan pokok permasalahan dan bahan hukum sekunder, bempa buku-buku yang tersusun dalam bentuk literature yang berhubungan dengan jual beli online {E-commerce) serta studi lapangan(wawancara pihak terkait) dimana informasi yang didapat hanya dimaksudkan sebagai pelengkap atau pendukung dalam penelelitian dan tidak akan melampirkan bentuk wawancara yang dilakukan. Teknik pengolahan data dilakukan dengan cara mengkaji, menyusun, merapikan, memberikan penomoran dan membuat coding sehingga data siap untuk diambil kesimpulan Berdasarkan penelitian, dimana dapat disimpulkan pelaksanaan transaksi jual beli melalui elektronik yang dilakukan oleh peneliti tidak dapat dilakukan oleh setiap orang Terdapat hubungan yang positif antara kepercayaan pada penjual dengan pembeli dalam keputusan pembelian melalui internet. Terdapat penerapan asas-asas hukum dalam pelaksanaan transaksi jual beli melalui media elektronik yang dilakukan oleh penjual(merchant) dan pembeli atau konsumen. Asas-asas yang diterapkan dalam pelaksanaan transaksi jual beli melalui elektronik adalah asas beriktikad baik, asas kepercayaan, asas kepribadian, asas kebebasan berkontrak, asas konsensual isme, asas kekuatan mengikat, dan asas kepastian hukum. Serta bentuk-bentuk tanggung jawab yang diberikan si penjual apabila melakukan wanprestasi tanpa menutup kemungkinan untuk membahas hal-hal Iain yang erat hubunganya dengan kedua permasalahan tersebut di atas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, H. Maramis, S.H.,M.Hum.
Uncontrolled Keywords: kepercayaan, transaksi, online
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Joese Putra Yudha
Date Deposited: 23 Oct 2018 00:19
Last Modified: 23 Oct 2018 00:19
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.