UPAYA PENYELESAIAN KELUHAN MASYARAKAT SEKITAR LINGKUNGAN ATAS PERUSAKAN LINGKUNGAN MELALUI DEPARTEMEN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP PT. PUPUK SRIWIDJAJA PALEMBANG

KHANIFAN NUGROHO, NIM. 502010065 (2014) UPAYA PENYELESAIAN KELUHAN MASYARAKAT SEKITAR LINGKUNGAN ATAS PERUSAKAN LINGKUNGAN MELALUI DEPARTEMEN KESELAMATAN KESEHATAN KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP PT. PUPUK SRIWIDJAJA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502010065_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
502010065_BAB II_sampai_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Adapun yang menjadi pokok permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini sebagai berikut: L Bagaimana upaya yang dilakukan dalam penyelesaian keluhan masyarakat sekitar atas perusakan lingkungan melalui Departemen Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan hidup PT. Pusri Palembang? 2. Apa yang menjadi kendala terkait upaya yang dilakukandalam penyelesaian keluhan masyarakat sekitar atas perusakan lingkungan melalui Departemen Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup PT. Pusri Palembang? Selaras dengan tujuan dan manfaat dalam penulisan skripsi ini terutama yang bersangkut-paut dengan permasalahan, maka penelitian terhadap permasalahan diatas adalah penelitian hukum normatif empiris dengan menggunakan teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis dari data tersebut, maka kesimpulan yang diperoleh adalah : Pertama upaya yang dilakukan oleh PT. Pusri dalam menangani keluhan masyarakat sekitar lingkungan atas perusakan lingkungan melalui prosedur operasional baku(POB) berupa tahapan proses yang telah ditentukan oleh PT. Pusri dengan berdasarkan aturan2 yang diberlakukan oleh pemerintah yaitu UU No 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Dalam Prakteknya penyelesaian yang jika benar dampaknya oleh aktifitas PT. Pusri maka diselesaikan dengan mediasi dan pemberian ganti rugi telah diberikan. Selain itu melalui program CSR yang menjadi kebijakan internal Perusahaan sebagai salah satu bentuk sosial kepada masyarakat sekitar. Kedua, kendala yang terkait dalam penyelesaian keluhan diantaranya Kendala yang terjadi dalam upaya penyelesaian keluhan masyarakat sekitar terjadi karena 2 hal yaitu: Sosialisasi oleh PT Pusri terkait lingkungan ke masyarakat masih belum maksimal misalnya sebatas pemberitahuan waktu shut down saja yaitu kondisi pabrik mati sedangkan mengenai baku mutu lingkungan,pengelolaan dan perlindungan lingkungan belum diberikan kepada masyarakat sekitar, dan penyuluhan lain misalkan jika terjadi ledakan amoniak, itu sangatlah mutlak diperlukan, karena dampaknya cukup luas terhadap lingkungan. Penyuluhan ini agar masyarakat lebih paham jika terjadi hal tersebut dan bisa mengantisipasi agar jangan sampai timbulnya kerugian bahkan korban dan kedua ialah masih adanya oknum di masyarakat yang memiliki kepentingan tertentu dengan jalan menjustifikasi PT. Pusri sebagai pelaku pencemaran lingkungan. Sehingga keluhan persoalan lingkungan yang datang tidak lagi sebagai bentuk sebenarnya dari masyarakat namun sudah ditunggangi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Kata kunci: Kerusakan Lingkungan, Masyarakat sekitar lingkungan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Arief Wisnu Wardhana, S.H.,M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kerusakan Lingkungan, Masyarakat sekitar lingkungan kerja.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Irwan syah
Date Deposited: 04 Mar 2019 04:45
Last Modified: 04 Mar 2019 04:45
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3028

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.