PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNG LUBUK

Soleh Sandra Putra, Nim. 312012024 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNG LUBUK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI164-1704122657.pdf

Download (37MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kualitas kemampuan siswa dalam menganalisis unsur intrinsik drama , sebenarnya dapat di tingkatkan melalui pembelajaran yang diprogramkan dengan baik. Guru Bahasa Indonesia membutuhkan sejumlah pengetahuan dan metode untuk dapat melaksanakan tugas nya . Salah satu upaya guru dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis unsur intrinsik drama. Masalah penelitian apakah cara pembelajaran siswa dalam menganalisis unsur intrinsik drama dapat meningkatkan prestasi siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsik drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Lubuk ? penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pelajaran model cooperative script dengan mode! konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah hipotesis kerja( Ha ) yang berbunyi, " model pembelajaran cooperative script meningkat dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsik drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Lubuk". Penelitian ini menggunakan metode eksprimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Lubuk, Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 153 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel yang berjumlah 62 siswa, yang terdiri dari kelas VIII2 dan VIII4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan wawancara. jumlah nilai tes essay kelas eksprimen adalah 2368 dengan nilai rata-rata 76,38 dan tes kelas kontrol adalah 2122 dengan nilai rata-rata 68,45. Berdasarkan kedua tes akhir essay diketahui dari penghitung uji maka didapatkan t hitung*( thitung 3,55>_ t tabel 2,0003) dengan demikian, disimpulkan bahwa pembelajaran model cooperative script meningkat terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Lubuk. Jadi, uji hipotesis ini dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Sebagai penutup peneliti menyatakan hasil penelitian ini diharapkan sebagai referensi bagi siswa dalam pemahaman menganalisis unsur intrinsik drama, serta dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian selanjutnya. adapun saran dalam penelitian model pembelajaran cooperatve script ini dapat diterapkan oleh tenaga pelajar untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah SMP Negeri 2 tanjung Lubuk. Kata Kunci: model, pembelajaran , cooperative, script, menganalis, unsur intrinsik, drama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Irwan syah
Date Deposited: 22 Oct 2018 06:26
Last Modified: 23 Oct 2018 02:45
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.