IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMPN 15 PALEMBANG

UMI AMELIA PUTRI, NIM. 622020012 (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMPN 15 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622020012_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
622020012_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
622020012_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[img] Text
622020012_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
622020012_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
622020012_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
622020012_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
622020012_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam seluruh aspek kegiatan pendidikan, karena kurikulum merupakan pedoman dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 69 Tahun 2013 serta Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003, menjelaskan bahwa Kurikulum adalah seperangkat rencana dan peraturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum Merdeka adalah inisiatif pendidikan yang menempatkan penekanan pada pembelajaran yang lebih kontekstual, inklusif, dan relevan dengan kebutuhan peserta didik. Studi ini menganalisis implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di SMPN 15 Palembang. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui wawancara dengan Kepala Sekolah, Wakil bidang Kurikulum, Wakil bidang Kesiswaan dan Wakil bidang sarana dan Prasarana. Analisis dokumen terkait kebijakan. Hasilnya menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka di SMPN 15 Palembang telah menghasilkan perubahan positif dalam pendekatan pembelajaran. Guru mengadopsi strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan kontekstual, meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini membuktikan bahwa para guru telah memahami konten kurikulum merdeka. Namun demikian memerlukan banyak penyempurnaan karena berbagai pihak yang terkait masih dalam proses penyesuaian. Namun, tantangan terkait dengan peningkatan kompetensi guru, integrasi teknologi pendidikan masih dihadapi. Pentingnya pelatihan kontinyu bagi guru dan akses sumber daya pendukung menjadi fokus untuk meningkatkan implementasi yang lebih efektif dari Kurikulum Merdeka di SMPN 15 Palembang dan kesulitan guru dalam menyesuaikan kurikulum sebelumnya dengan Kurikulum Merdeka serta penagwas yang ditugaskan kurang berkompeten dibidangnya menjadi salah satu faktor penghambat implementasi Kurikulum Merdeka di SMPN 15 Palembang. Studi ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih baik di tingkat lokal dan nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azwar Hadi, S.Ag., M.Pd.I 2. Ayu Munawaroh, S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Kurikulum Merdeka
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 06 May 2024 08:33
Last Modified: 06 May 2024 08:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28579

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.