PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 PAMPANGAN KECAMATAN PAMPANGAN KABUPATEN OKI

PRAMANA, 622020034 (2024) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTELEKTUAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 PAMPANGAN KECAMATAN PAMPANGAN KABUPATEN OKI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img] Text
622020034_BAB1_DAFTAR PUSTAKA. PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
622020034_BAB II. PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img] Text
622020034_BAB III. PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
622020034_BAB IV. PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
622020034_BAB V. PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
622020034_DAFTAR PUSTAKA. PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
622020034_LAMPIRAN. PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
622020034_Cover_Sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Nama Pramana, NIM 622020034, Skripsi yang berjudul “Peranan guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Peserta Didik di SMP Negeri 2 Pampangan Kabupaten OKI”. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian mixed methods. Penelitian ini merupakan suatu langkah penelitian dengan menggabungkan dua bentuk penelitian yang telah ada sebelumnya yaitu penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif. Beradasarkan observasi awal peranan guru Pendidikan Agama Islam belum kelihatan dalam meningkatkan kecerdasan intelektual peserta didik yang ada di SMP Negeri 2 Pampangan. Dilihat pada saat proses pembelajaran terdapat sebagian peserta didik yang sulit memahami materi pelajaran, malas mendengarkan materi pelajaran tidak aktif di kelas, misalnya bertanya, menjawab, merespon, memberikan pendapat, dan menyimpulkan materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama Peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan intelektual peserta didik di SMP Negeri 2 Pampangan. dari hasil angket yang dilakukan bahwa metode pembelajaran yang sering dipakai adalah berintraksi dengan memberikan umpan balik atas tugas peserta didik dengan presentase 55%. Jadi peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan keceradasan intelektual peserta didik di SMP Negeri 2 Pampangan sudah cukup baik dengan menggunakan metode berinteraksi dengan memberikan umpan balik atas tugas peserta didik. Kedua Faktor pendukung terbagi 4 faktor dalam metode pembelajaran yaitu RPP, kemampuan guru PAI, sarana dan prasarana, waktu dan jadwal. Dan bedasarkan hasil survei guru PAI memilih RPP sebagai metode yang paling mempengaruhi dalam mendukung pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Pampangan dengan presentase 100%, kemampuan guru PAI 50%, sarana dan prasarana 50%, waktu dan jadwal 50%. Sebagian besar faktor pendukung yaitu RPP Merupakan penting dalam metode pembelajaran.Faktor penghambat terbagi menjadi 4 faktor yaitu Keterbatasan kompetensi materi, Motivasi Guru, Kurangnya minat dan motivasi belajar, Pengaruh Negatif lingkungan. Dan bedasarkan hasil survei guru PAI memilih Kurangnya minat dan motivasi belajar 100%, Keterbatasan kompetensi materi 50%, Motivasi Guru 50%, Pengaruh Negatif lingkungan 50%. Sebagian besar faktor penghambat guru PAI yaitu kurangnya minat dan belajar peserta didik. Kata Kunci: Peranan guru PAI, Kecerdasan Intelektual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Jamalludin, S.Ag., M.Pd.I 2. Mustofa, S.Ag,. M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Peranan guru PAI, Kecerdasan Intelektual
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 06 May 2024 01:27
Last Modified: 11 May 2024 03:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28567

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.