TANGGUNG JAWAB PIDANA PEMILIK TERNAK YANG MENGAKIBATKAN KERUSAKAN LAHAN PERTANIAN DI KABUPATEN MUSI BANYUASIN

SURYA ANUGERAH WIDANTO, NIM :502020039 (2024) TANGGUNG JAWAB PIDANA PEMILIK TERNAK YANG MENGAKIBATKAN KERUSAKAN LAHAN PERTANIAN DI KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, FAKULTAS HUKUM.

[img]
Preview
Text
502020039_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502020039_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
502020039_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
502020039_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
502020039_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
502020039_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text
502020039_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK ABSTRAK TANGGUNG JAWAB PIDANA PEMILIK TERNAK YANG MENGAKIBATKAN KERUSAKAN LAHAN PERTANIAN DI KABUPATEN MUSI BANYUASIN Surya Anugerah Widanto Pertanggungjawaban merupakan suatu akibat atas kebebasan seseorang tentang perbuatannya yang berkaitan dengan etika atau moral dalam melakukan suatu perbuatan. Jika seseorang dapat dibuktikan telah melakukan suatu perbuatan yang melanggar hukum dan merugikan orang lain maka dapat dimintakan pertanggungjawaban atas kerugian yang ditimbulkan, tanggungjawab ini merupakan ganti kerugian yang diderita orang lain sebagai akibat terjadinya perbuatan melawan hukum, atas pertanggungjawaban ini dimintai berupa ganti rugi yang disebabkan oleh hewan ternak itu sendiri. Berdasarkan Undang Undang Nomor 9 tahun 2010 pasal 4 ayat 1 berbunyi ‟Setiap peternak dilarang melepaskan hewan ternaknya pada: area, pemukiman, perkotaan, di jalan umum, tempat umum, areal pertanian dan areal perkebunan”.Maka jelas bahwasanya pemilik hewan ternak dilarang melepaskan hewan ternaknya dikarenakan dapat mengganggu kenyamanan dan ketertiban. Maka dari itu, penulis ingin meneliti beberapa dari rumusan masalah yaitu bagaimana proses dan upaya yang dilakukan dalam pertanggungjawaban pemilik hewan ternak terhadap kerusakan kebun di kampung Gajah Muda, Kabupaten Musi Banyuasin? Dan bagaimana proses penyelesaian yang dilakukan dalam pertanggungjawaban pemilik hewan ternak terhadap kerusakan perkebunan warga? Hambatan dalam pelaksanaan pertanggungjawaban pemilik hewan ternak terhadap kerusakan perkebunan warga? Pada skripsi ini penulis menggunakan metode Penelitian yang berupa yuridis empiris serta menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian dan kesimpulan pada judul ini menunjukkan bahwa pertanggungjawaban yang dilakukan oleh pemilik hewan ternak terhadap kerusakan perkebunan warga berhak dan harus membayar atau menggantikan kerugian terhadap perkebunan yang telah dirusakkan oleh hewan ternak dan penyelesaianya dengan melibatkan para aparat kampung setempat,hambatan yang sering ditemukan pada kasus ini dikarenakan menganggap hal yang sepele dan juga tidak mengakui kesalahan. Kata Kunci : Tanggung Jawab Pidana, Ternak dan Lahan Pertanian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Reny Okpirianti, SH., M. HUM 2. Hj, Siti Mardiyati SH., MH
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Tanggung Jawab Pidana, Ternak dan Lahan Pertanian
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 04 May 2024 02:54
Last Modified: 04 May 2024 02:54
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28545

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.