MUHAMMAD RAFLI PRATAMA, NIM. 502020173 (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN KARTU KREDIT DAN DASAR HUKUM PENGGUNAANNYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
502020173_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (512kB) | Preview |
|
Text
502020173_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
Text
502020173_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
Text
502020173_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
Text
502020173_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
Text
502020173_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
||
Text
502020173_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK PERLINDUNGAN KONSUMEN KARTU KREDIT DAN DASAR HUKUM PENGGUNAANNYA MUHAMMAD RAFLI PRATAMA 502020173 Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimanakah perlindungan konsumen pengguna kartu kredit di Indonesia dan apakah dasar hukum penggunaan kartu kredit. Selaras dengan tujuan yang bermaksud untuk mengetahui perlindungan konsumen pengguna kartu kredit di Indonesia dan dasar hukum penggunaan kartu kredit, maka jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif, oleh karenanya tidak bermaksud untuk menguji hipotesa. Teknik penggumpulan data dititikberatkan kepada penelitian kepustakaan dengan cara mengumpulkan data sekunder. Selanjutnya diolah secara kualitatif yang hasilnya disajikan secara deskriptif, pada tahap akhir akan dilakukan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut Perlindungan hukum terhadap nasabah pengguna kartu kredit di Indonesia melalui tiga tahap yaitu pertama tahap pra transaksi adalah tahap sebelum adanya transaksi dimana pihak bank telah melakukan penawaran dan pengenalan produk khususnya kartu kredit, kedua tahap transaksi adalah tahap dimana telah terjadi adanya kesepakatan antara pihak nasabah dengan pihak bank melalui ditandatanganinya aplikasi atau formulir yang sudah dibuat sepihak oleh pihak bank, ketiga tahap setelah transaksi adalah penyelesaian sengketa antara pihak bank dengan nasabah dapat diselesaikan dengan cara damai, mediasi dan peradilan dan dasar hukum penggunaan kartu kredit yaitu Undang-undang No. 7 tahun 1992 tentang perbankan jo Undang-undang No. 10 Tahun 1998, Kepres No. 6 Tahun 1998 tentang Lembaga Pembiayaan, Keputusan Menteri Keuangan No. 1251 / KMK.013/1998 tentang ketentuan dan tata cara pelaksanaan lembaga pembiayaan dan pasal 1338 ayat (1) KUHPerdata. Kata Kunci : Perlindungan, Kartu Kredit, Konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Soleh Idrus, S.H., M.S 2. Heni Marlina, SH, MH |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Perlindungan, Kartu Kredit, Konsumen |
Subjects: | Ilmu Hukum > Hukum Perdata |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Hukum |
Date Deposited: | 02 May 2024 01:15 |
Last Modified: | 02 May 2024 01:15 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28518 |
Actions (login required)
View Item |