PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMENANG LELANG OBYEK HAK TANGGUNGAN DALAM EKSEKUSI TERHALANG OLEH GUGATAN MENURUT HUKUM JAMINAN

THEMERURUMPAISI, NIM. 502020031 (2024) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMENANG LELANG OBYEK HAK TANGGUNGAN DALAM EKSEKUSI TERHALANG OLEH GUGATAN MENURUT HUKUM JAMINAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502020031_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
502020031_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] Text
502020031_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
502020031_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
502020031_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
502020031_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMENANG LELANG OBYEK HAK TANGGUNGAN DALAM EKSEKUSI TERHALANG OLEH GUGATAN MENURUT HUKUM JAMINAN THEMERURUMPAISI Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimana perlindungan hukum bagi pemenang lelang obyek hak tanggungan dalam Eksekusi terhalang oleh gugatan menurut hukum jaminan ? dan Apakah akibat hukum lelang obyek hak tanggungan dalam Eksekusi terhalang oleh gugatan menurut hukum jaminan ?. Jenis penelitian hukum ini adalah “penelitian hukum normatif yang dimaksudkan objek kerjanya meliputi data-data sekunder yang ada diperpustakaan. Tipe penelitian ini adalah bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan. Adapun kesimpulan yang didapat adalah Perlindungan hukum bagi pemenang lelang obyek hak tanggungan dalam Eksekusi terhalang oleh gugatan menurut hukum jaminan, Perlindungan hukum bagi pemenang lelang yang mengalami kerugian akibat berlarut-larutnya eksekusi dapat dilakukan pemenang lelang baik secara litigasi dengan mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum terhadap penjual lelang atau secara non litigasi. Non litigasi adalah penyelesaian masalah hukum diluar proses peradilan dengan tujuan mengantisipasi dan mengurangi adanya sengketa, pertentangan dan perbedaan, serta mengatisipasi adanya masalah-masalah hukum yang timbul dengan cara melakukan kesepakatan terhadap kepentingan penyelesaian sengketa untuk mencapai kesepakatan dan Akibat hukum lelang obyek hak tanggungan dalam Eksekusi terhalang oleh gugatan menurut hukum jaminan, yaitu : apabila sebelum pelaksanaan eksekusi pengosongan, Termohon eksekusi melakukan perlawanan ke pengadilan agar pelaksanaan eksekusi tersebut ditangguhkan maka yang berwenang untuk menangguhkan atau meneruskan eksekusi tersebut adalah Ketua Pengadilan Negeri. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Hak Tanggungan, Lelang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi I : Dr. Arief W Wardhana, SH, M.Hum. Pembimbing Skripsi II : Helmi Ibrahim, SH, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Hak Tanggungan, Lelang
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 02 May 2024 01:26
Last Modified: 02 May 2024 01:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28515

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.