PENERAPAN PRINSIP LEGAL DUE DILIGENCE DALAM TRANSAKSI JUAL BELI TANAH

R.M Syarif Hidayatullah, NIM. 502020256 (2024) PENERAPAN PRINSIP LEGAL DUE DILIGENCE DALAM TRANSAKSI JUAL BELI TANAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502020256_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (810kB) | Preview
[img] Text
502020256_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
502020256_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
502020256_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
502020256_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
502020256_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502020256_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Legal due diligence (uji tuntas hukum) adalah pemeriksaan yang dilakukan konsultan hukum untuk memastikan suatu informasi atau fakta material terhadap tanah atau suatu kegiatan untuk menilai risiko hukum yang mungkin timbul terkait transaksi yang dilakukan oleh para pihak. Legal due diligence (uji tuntas hukum) akan menyempurnakan transaksi yang dilakukan oleh para pihak, negosiasi ini akan menjadi sempurna, adil dan imbang karena due diligence akan memberitau seluruh potensi resiko yang tersembunyi.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode hukum normatif yang dilakukan dengan cara mengkaji dan menganalisis bahanbahan kepustakaan yang berupa literatur dan buku perundang-undangan. Jadi dari hasil penelitian Legal due diligence ini dapat mengurangi resiko yang dapat dilihat dari segala sisi secara menyeluruh atau potensi ekonomi maupun komersial atas transaksi yang dilakukan para pihak, legal due diligence ini akan mengambil poinpoin dalam negosiasi para pihak maka akan terungkap potensi resiko hukum maupun sebaliknya potensi komersial dari objek transaksi tersebut, Data yang digunakan legal due diligence mengenai tanah ini haruslah valid dan komprehensif. Dalam hal ini mencakup data dan informasi hukum, seluruh aspek penilaian dari harga tanah tersebut, dan Legal due diligence dalam jual beli tanah ada beberapa tahapan yaitu kunjungi lokasi tanah, meminta peta survei tanah, dapatkan pencarian resmi dan sertifikat tanah dari kantor badan pertanahan nasional, mengkonfirmasi identitas dan detail tentang penjual untuk meminimalisir permasalahan pada saat transaksi jual beli tanah nanti meliputi data yang digunakan legal due diligence mengenai tanah ini haruslah valid dan komprehensif yang mana transaksi itu harus dilakukan dengan itikad baik, menyelidiki dan mengevaluasi fakta dari tanah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dosem Pembimbing I : Dr. Helwan Kasra, S.H., M.Hum. Pembimbing II : Mona Wulandari, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Legal due diligence, jual beli tanah, konsultan hukum
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 30 Apr 2024 05:57
Last Modified: 30 Apr 2024 05:57
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28511

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.