PERANAN KEJAKSAAN DALAM PENERAPAN KEBIJAKAN DIVERSI TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM (Studi Kasus Di Kejaksaan Negeri Palembang)

NAJWA RINANDA, NIM. 502020063 (2024) PERANAN KEJAKSAAN DALAM PENERAPAN KEBIJAKAN DIVERSI TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM (Studi Kasus Di Kejaksaan Negeri Palembang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502020063_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502020063_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
502020063_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
502020063_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
502020063_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
502020063_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
502020063_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PERANAN KEJAKSAAN DALAM PENERAPAN KEBIJAKAN DIVERSI TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM NAJWA RINANDA 502020063 Anak sebagai generasi muda memiliki peran strategis yang menjamin kelangsungan eksistensi bangsa dan negara pada masa depan dan disadari oleh masyarakat internasional dengan munculnya konvensi yang intinya menekankan posisi anak sebagai manusia yang harus mendapatkan perlindungan atas hak-hak yang dimilikinya. Hal ini ditandai dengan diterbitkannya Konvensi Hak Anak (Convention on the Rights of the Child) yang telah di Ratifikasi melalui Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 1990 tentang Pengesahan Convention on the Rights of the Child (Konvensi Hak Anak). Berkenaan dengan peran Jaksa dalam menerapkan konsep diversi terhadap anak yang berkonflik dengan hukum dapat dikaji permasalahan mengenai bagaimana penerapan konsep Diversi yang dilakukan oleh Jaksa terhadap anak yang berkonflik dengan hukum di Indonesia dan penerapan konsep Diversi yang dilakukan oleh Jaksa terhadap anak yang berkonflik dengan hukum dalam RUU SPP Anak serta faktor-faktor yang menjadi hambatan bagi Jaksa dalam penyelesaian perkara anak yang berkonflik dengan hukum dengan menerapkan diversi. Penelitian ini menggunakan penelitian yuridis empiris yang didukung dengan penelitian lapangan yang dilakukan dengan cara melakukan wawancara dengan informan, analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan metode pengumpulan data primer dan sekunder. Adapun hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa sampai saat ini dengan instrumen nasional yang ada mengenai anak yang berkonflik dengan hukum, tidak ada satu aturan pun yang memberi wewenang kepada Jaksa untuk menerapkan konsep diversi terhadap anak yang berkonflik dengan hukum, wewenang diversi oleh Jaksa bisa terlaksana apabila telah disahkan dan diberlakukan Rancangan Undang- undang masih terdapat hambatan-hambatan yang akan tidak memaksimalkan penanganan anak yang berkonflik dengan hukum. Kata Kunci : Jaksa, Diversi, Anak yang berkonflik dengan hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dosen Pembimbing I : Hj. Susiana Kifli,S.H., M.H Dosen Pembimbing Ii : Heni Marlina, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Jaksa, Diversi, Anak yang berkonflik dengan hukum.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 30 Apr 2024 00:59
Last Modified: 30 Apr 2024 00:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28506

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.