PELAKSANAAN HUKUMAN PENJARA TERPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I PALEMBANG

M. IRFAN, NIM. 502020227 (2024) PELAKSANAAN HUKUMAN PENJARA TERPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502020227_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502020227_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
502020227_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
502020227_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
502020227_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
502020227_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502020227_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PELAKSANAAN HUKUMAN PENJARA TERPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I PALEMBANG Oleh M. IRFAN Pidana penjara yang diberikan kepada anak-anak bukanlah solusi yang tepat guna mengurangi jumlah kejahatan terhadap anak, oleh karena itu maka harus diberikan pembinaan dan pendidikan bagi anak untuk tidak mengulangi perbuatannya kembali. Permasalahan penelitian adalah penerapan sanksi pidana penjara terhadap terpidana anak yang melakukan tindak pidana di lembaga pembinaan khusus anak kelas I Palembang dan penerapan pembinaan anak pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Palembang. Metode penelitian menggunakan pendekatan normatif empiris, data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer. Studi yang dilakukan dengan studi kepustakaan dan studi lapangan. Adapun narasumber pada penelitian ini yaitu Staf Lembaga Pembinaan Khusus Anak kelas I Palembang. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan sanksi pidana penjara terhadap terpidana anak yang melakukan tindak pidana berdasarkan Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) memberikan perlindungan terhadap anak yang berhadapan dengan hukum dilaksanakan berdasarkan asas perampasan kemerdekaan dan pemidanaan sebagai upaya terakhir (Pasal 2 huruf I Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak) dan Pasal 81 Ayat (5) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak menyatakan bahwa pidana penjara terhadap Anak hanya digunakan sebagai upaya terakhir (2) Penerapan pembinaan yang dilakukan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Palembang dilaksanakan dengan sistem pemasyarakatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang pemasyarakatan, dan pelaksanaan pembinaan narapidana di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Palembang berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 1999 tentang pembinaan dan pembimbingan warga binaan. Berdasarkan yang sudah penulis jabarkan di atas bahwa Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Palembang Pola pembinaan yang dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Palembang diterapkan untuk narapidana anak berbeda dengan narapidana dewasa yaitu tidak adanya pembinaan pelatihan kerja. Kata Kunci : Penerapan, Sanksi Pidana, Penjara, Anak, Tindak Pidana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dosen Pembimbing I : Yudistira Rusydi, SH.,M.Hum. Dosen Pembimbing II : Heni Marlina, SH.,MH
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Sanksi Pidana, Penjara, Anak, Tindak Pidana
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 30 Apr 2024 01:07
Last Modified: 30 Apr 2024 01:07
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28505

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.