PERTANGUNG JAWABAN SOSIAL PT. BUKIT ASAM TANJUNG ENIM SUMATRA SELATAN TERHADAP LINGKUNGAN MASYARAKAT DAN HAMBATANNYA MENURUT PASAL 74 UNDANG UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS

FRENGKI TERNANDO, NIM : 502020268 (2024) PERTANGUNG JAWABAN SOSIAL PT. BUKIT ASAM TANJUNG ENIM SUMATRA SELATAN TERHADAP LINGKUNGAN MASYARAKAT DAN HAMBATANNYA MENURUT PASAL 74 UNDANG UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502020268_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502020268_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] Text
502020268_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
502020268_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
502020268_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
502020268_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img] Text
502020268_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL PT. BUKIT ASAM TANJUNG ENIM SUMATERA SELATAN TERHADAP LINGKUNGAN MASYARAKAT DAN HAMBATANNYA MENURUT PASAL 74 UNDANG-UNDANG NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS Frengki Ternando Tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) adalah komitmen Perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat bagi Perseroan itu sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.Alasan mengadakan penelitian di PT Bukit Asam Tanjung Enim Sumatera Selatan karena perusahaan tersebut merupakan salah satu perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia yang sudah menjalankan Corporate Social Responsibility atau CSR berdasarkan prinsip Good Corporate Governance. Good Corporate Governance adalah prinsip yang mengarahkan dan mengendalikan perusahaan agar mencapai keseimbangan antara kekuatan serta kewenangan perusahaan dalam memberikan pertanggungjawabannya kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendapatkan pengetahuan yang jelas tentang pertanggungjawaban sosial PT. Bukit Asam Tanjung Enim Sumatera Selatan terhadap lingkungan masyarakat menurut Pasal 74 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan hambatan-hambatan bagi PT. Bukit Asam Tanjung Enim Sumatera Selatan dalam penerapan pertanggungjawaban sosial tersebut. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian hukum empiris yang ditinjau dari sudut yuridis sosiologis yang diambil data primer dengan melakukan wawancara dan data sekunder dengan mengolah data dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pertanggungjawaban sosial PT. Bukit Asam Tanjung Enim Sumatera Selatan terhadap lingkungan masyarakat menurut Pasal 74 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas yaitu dalam segi hukumnya PT. Bukit Asam (Persero),Tbk. sudah memenuhi kewajiban-kewajibannya di dalam tanggung jawab sosial terhadap lingkungan dan masyarakat , di mana terdapat adanya Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) serta Program Bina Wilayah yang merupakan wujud dari tanggung jawab sosial PT.Bukit Asam. Hambatan-hambatan dalam penerapan pertanggungjawaban sosial tersebut yaitu tingkat pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap PKBL rendah,keterbatasan sumber daya manusia dalam menangani program tersebut, tingginya jumlah piutang macet mitra binaan PT. Bukit Asam yang disebabkan kurangnya kesadaran dari mitra binaan, tingginya sifat ketergantungan masyarakat di wilayah sekitar perusahaan dalam pelaksanaan kegiatan. Kata kunci : tanggung jawab sosial, lingkungan, masyarakat, hambatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi I : Dr. Nur Husni Emilson, Sp.N., M.H. Pembimbing Skripsi II : Dr. Hasanal Mulkan, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: tanggung jawab sosial, lingkungan, masyarakat, hambatan
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 27 Apr 2024 01:18
Last Modified: 29 Apr 2024 03:35
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28464

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.