PENGEMBANGAN SISTEM MEMBRAN ULTRAFILTRASI UNTUK PENGOLAHAN AIR SUNGAI

M RIZKI KURNIAWAN, NIM. 122020043P (2023) PENGEMBANGAN SISTEM MEMBRAN ULTRAFILTRASI UNTUK PENGOLAHAN AIR SUNGAI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
122020043P_BAB I_DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
122020043P_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
122020043P_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
122020043P_Cover_sampai_Lampiran (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Air merupakan unsur yang memiliki peran paling penting dalam kehidupan setiap makhluk yang hidup di muka bumi ini. Air berperan penting dalam kehidupan diantaranya yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup dan membantu perkembangan perekonomian bagi manusia. Untuk memenuhi kebutuhan hidup air digunakan sebagai air minum, mandi, dan keperluan lainnya. Perlunya penelitian ini dilakukan karena berdasarkan data dinas Kesehatan tentang masalah Kesehatan akibat mengkonsumsi air sungai yang tercemar. Baku mutu air minum berdasarkan Permenkes Nomor 2 Tahun 2023 Parameter Baku Mutu Air Sungai BOD (mg/L) 2 TSS (mg/L) 50 pH (mg/L) 6,5-8,0 Fe (mg/L) 0,2 Kekeruhan (NTU) 5 Reverse osmosis adalah kebalikan dari fenomena osmosis. Osmosis merupakan fenomena pencapaian kesetimbangan dua larutan yang memiliki perbedaan konsentrasi zat terlarut, dimana kedua larutan ini berada pada suatu bejana dan di pisahkan oleh lapisan semipermeable. Kesetimbangan terjadi akibat perpindahan pelarut dari larutan yang memiliki konsentrasi zat terlarut rendah ke larutan yang memiliki konsentrasi zat terlarut tinggi. . Pretreatment yang dilakukan adalah Fitoremediasi. Fitoremediasi merupakan teknologi remediasi in-situ yang memanfaatkan kemampuan yang melekat pada tumbuhan hidup Ini juga merupakan teknologi pembersihan yang ramah lingkungan dan digerakkan oleh energi matahari, berdasarkan konsep menggunakan alam untuk membersihkan lingkungan. Kontaminasi tanah oleh tumpahan minyak merupakan masalah lingkungan yang menyebar luas yang seringkali membutuhkan pembersihan situs yang terkontaminasi. Skema Reverse Osmosis Sistem air tawar (Domestic fresh water system) merupakan salah satu system di kapal yang berfungsi untuk memenuhi semua kebutuhan air tawar di kapal yang mana air tawar di kapal digunakan untuk makan, minum, mandi, mencuci baju, pendinginan mesin dan kebutuhan lainnya di kapal. Air yang digunakan adalah air yang baik, bersih dan menyehatkan sehingga peningkatan kualitan air sangat penting di kapal Bila dalam bejana dimasukkan dua larutan yang berbeda konsentrasi dan dipisahkan oleh suatu sekat yang dapat dilalui oleh cairan (membrane semi permeable), maka akan terjadi perpindahan cairan dari konsentrasi rendah menuju konsentrasi yang lebih tinggi. Perpindahan akan berlangsung hingga tercapai kesetimbangan, hal ini dapat terlihat dengan adanya perbedaan tinggi larutan sebelum dan sesudahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ir. Erna Yuliwati, MT.,Ph.D.,IPM 2 : Ir. Legiso, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Air, Reverse Osmosis, Pretreatment, Baku Mutu Air
Subjects: Kimia > Teknologi Minuman
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 01 Apr 2024 01:09
Last Modified: 01 Apr 2024 01:09
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28408

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.