KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM KEHIDUPAN RUMAH TANGGA ANAK MENURUT HUKUM ISLAM DI DUSUN TOMAN KECAMATAN BABAT TOMAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN

FEDRO PRATAMA, NIM. 632020001 (2024) KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM KEHIDUPAN RUMAH TANGGA ANAK MENURUT HUKUM ISLAM DI DUSUN TOMAN KECAMATAN BABAT TOMAN KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
632020001_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
632020001_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
632020001_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
632020001_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
632020001_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
632020001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
632020001_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
632020001_Cover_Sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya kasus di Desa Toman Kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin di mana adanya keterlibatan orang tua dalam rumah tangga anak yang menyebabkan terjadinya konflik bahkan perceraian. Orang tua yang ikut mengurusi permasalahan yang terjadi dalam rumah tangga anaknya. Oleh karena itu penulis berkeinginan untuk menjelaskan pandangan hukum Islam terhadap masalah intervensi orang tua dalam kehidupan anaknya yang sudah berkeluarga sehingga berdampak perceraian kepada keluarga anak. Dan apa saja yang menjadi permasalahan dalam rumah tangga anak, serta pandangan hukum Islam terkait masalah tersebut. Peneliti menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian kepustakaan dan lapangan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa intervensi orang tua terhadap rumah tangga anak terjadi dalam bentuk campur tangan dalam hal perekonomian, yaitu orang tua dari pihak istri ikut campur terhadap pemberian nafkah yang di berikan suami yang dianggap tidak memuaskan dan memunculkan permasalahan dalam rumah tangga anaknya. Kemudian, bentuk keikutsertaan orang tua dalam rumah tangga anak yaitu dikarenakan oleh pola hidup, yang mana orang tua menginginkan keluarga anak mengikuti gaya hidup yang sama seperti keluarga orang tua, keluarga anak tidak dapat mengimbangi gaya hidup dari keluarga orang tua yang berlebihan. Sehingga memunculkan permasalahan yang diakibatkan karena berada di kediaman yang sama. Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa terhadap kasus yang diteliti oleh penulis intervensi orang tua terhadap anak bertolak belakang dengan tuntutan dan ajaran Islam. Ketentuan Islam membolehkan intervensi orang tua dalam rumah tangga anaknya hanya sebatas memberikan bimbingan dan nasehat kepada keluarga anak. Sehingga hukum Islam tidak menutup kemungkinan keabsahan intervensi orang tua terhadap keluarga anak selama tidak merusak hubungan suami istri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Yuniar Handayani. SH.MH 2. Rina Dwi Wulandari. SE,.M.Si
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Keluarga dan Perkawinan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 27 Mar 2024 05:03
Last Modified: 27 Mar 2024 05:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28403

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.