ANALISIS FINANSIAL USAHATANI JERUK SIAM (Sitrus sinensis l ) ( Studi Kasus Pada Petani Jeruk Siam Samsuri di Desa Nusa Makmur Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan )

EHLAS FAHRUL RAHMADI, NIM. 412017011 (2023) ANALISIS FINANSIAL USAHATANI JERUK SIAM (Sitrus sinensis l ) ( Studi Kasus Pada Petani Jeruk Siam Samsuri di Desa Nusa Makmur Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
412017011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (758kB) | Preview
[img] Text
412017011_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
412017011_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
412017011_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] Text
412017011_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
412017011_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
412017011_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412017011_COVER_SAMPAI_LAMPIRN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

EHLAS FAHRUL RAHMADI. Analisis Finansial Usahatani Jeruk Siam (Citrus sinensis l ) ( Studi Kasus Pada Petani Jeruk Siam Samsuri di Desa Nusa Makmur Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan ) (dibimbing oleh RAFEAH ABUBAKAR dan PURI PRATAMI AN). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui penyebab Bapak Samsuri melakukan usahatani Jeruk Siam serta menganalisis secara finansial usahatani Jeruk Siam. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Nusa makmur Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan pada bulan April sampai Juni 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah Purposive sampling (disengaja) dimana sampel penelitian ini adalah petani yang menggunakan modal pribadi dan sudah melakukan usaha selama 1-8 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode pengolahan data yang digunakan adalah Pengeditan, Pemograman dan Tabulasi. Hasil penelitian menujukan bahwa faktor yang menyebabakan Bapak Samsuri melakukan usahatani Jeruk Siam dikarenakan faktor internal dan faktor eksternal, Faktor internal terdiri dari pendidikan , dan jumlah tanggungan keluarga sedangkan faktor eksternal terdiri dari cuaca yang berubah-ubah, penurunan harga karet, harga buah jeruk yang tinggi, dan meningkatnya permintaan terhadap buah jeruk Siam, selanjutnya untuk kelayakan finansial pada usahatani Jeruk Siam yang dilakukan oleh Bapak Samsuri didapatkan Net Present Value sebesar 156.007.279 yang berarti bahwa keuntungan bersih sekarang yang diterima petani jeruk Siam adalah sebesar 156.007.279, Net Benefit Cost ratio (Net B/C ratio) nilainya sebesar 3,95 yang menunjukkan keuntungan yang didapat sebesar 3,95 dari biaya yang dikeluarkan. Berdasarkan hasil yang diperoleh nilai Net B/C lebih dari satu berarti usaha jeruk Siam layak untuk dijalankan dan Gross B/C adalah senilai 2,95 yang berarti bahwa Gross B/C lebih besar dari 1. Artinya untuk setiap satuan rupiah yang dikeluarkan akan memberikan benefit sebesar 2,95 satuan rupiah dan secara finansial layak untuk diusahakan karena GrossB/C>1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1.Ir. Rafeah Abubakar. M. Si 2. Puri Pratami AN, SP., M. Si
Uncontrolled Keywords: usaha tani jeru siam, financesial, keuntungan
Subjects: Agribisnis > Budidaya Tanaman
Agribisnis > Produksi pertanian
Agribisnis > Struktur pertanian
Agribisnis > pertanian
Agribisnis > Holtikultura ,tanaman alkaloidal (tembakau, teh, kopi, kakao dll)
Agribisnis > teknik, prosedur, alat perlengkapan pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 02 Mar 2024 01:01
Last Modified: 02 Mar 2024 01:01
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28332

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.