PERANAN KORPS BRIMOB POLRI DALAM PENANGANAN DAN PENCEGAHAN TERORISME DI KABUPATEN POSO SULAWESI TENGAH

ADI CAHYADI, NIM. 91221082 (2023) PERANAN KORPS BRIMOB POLRI DALAM PENANGANAN DAN PENCEGAHAN TERORISME DI KABUPATEN POSO SULAWESI TENGAH. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
TESIS ADI CAHYADI_BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
TESIS ADI CAHYADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PERANAN KORPS BRIMOB POLRI DALAM PENANGANAN DAN PENCEGAHAN TERORISME DI KABUPATEN POSO SULAWESI TENGAH OLEH ADI CAHYADI Korps Brimob atau Brigade Mobil merupakan salah satu unit tertua di Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Brimob memiliki tugas utama, yaitu untuk membantu tugas kepolisian wilayah dan mengamankan berbagai macam kejahatan tingkat tinggi. Tugas utama korps brimob berbeda dari tugas satuan polisi yang lain, di mana para anggota Brimob memiliki tugas dalam menangani kejahatan dan gangguan keamanan yang berintensitas tinggi seperti, huru-hara atau unjuk rasa yang anarkis, terorisme, gangguan kelompok separatis, kejahatan terorganisir bersenjata api atau bahan peledak, penanganan senjata kimia, senjata biologi, menjaga keamanan wilayah dan radioaktif (KBR) serta pelaksanaan kegiatan Search And Rescue (SAR). Korps Brimob Polri berperan sebagai regulator aktif, yang berinsiatif mengambil tindakan dalam menyelesaikan masalah publik berupa teror pengeboman, penembakan dan tindakan kejahatan lainnya. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana peranan Korp Brimob Polri dalam penanganan dan pencegahan terorisme di Kabupaten Poso Sulawesi Tengah dan apa faktor-faktor kendala Korp Brimob Polri dalam dalam penanganan dan pencegahan terorisme di Kabupaten Poso Sulawesi Tengah. Penelitian tergolong dal;am jenis penelitian hukum empiris yang menggunakan data lapangan dan didukung oleh data kepustakaan. Sifat penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif analitis. Hasil penelitiannya, bahwa peranan Korp Brimob Polri dalam penanganan dan pencegahan terorisme adalah bekerjasama dan membantu fungsi kepolisian lainnya melindungi anggota kepolisian dan juga masyarakat mendapat ancaman dan menggantikan tugas kepolisian pada satuan kewilayahan apabila situasi atau sasaran tugas sudah mengarah pada kejahatan yang berkadar tinggi termasuk terorisme. Sedangkan faktor-faktor kendalanya, yaitu faktor hukum atau peraturannya, faktor aparat penegak hukum, faktor fasilitas, faktor sosial kemasyarakatan dan faktor budaya, Kata Kunci : Peranan Korp Brimob Polri, Penanggulangan Terorisme.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Program Pasca Sarjana > Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:21
Last Modified: 21 Feb 2024 06:21
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28304

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.