RANCANG BANGUN MEMONITORING SUHU KELEMBABAN PADA RUANG SERVER MENGGUNAKAN SENSOR DHT22 BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

Ayu Tiara Sunja, NIM. 162019030 (2023) RANCANG BANGUN MEMONITORING SUHU KELEMBABAN PADA RUANG SERVER MENGGUNAKAN SENSOR DHT22 BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
162019030_BAB_1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text
162019030_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img] Text
162019030_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB)
[img] Text
162019030_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
162019030_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
162019030_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
162019030_COVER_SAMPAI_TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Internet of Thing (IoT) adalah teknologi yang digunakan untuk menerima serta mengirim data dalam jaringan kepada objek, baik itu benda maupun perangkat tanpa disertai interaksi dari manusia dengan manusia maupun manusia dengan computer. Sistem monitoring pada perangkat IoT digunakan untuk melakukan pemonitoran terhadap perangkat baik dari sumber (resource), jaringan(network) dan perangkat penyimpanan (disk).Ruang server digunakan untuk menyimpan server komputer dan perangkat jaringan yang berupa aset penting untuk perusahaan dan lembaga yang menerapkan teknologi informasi sebagai penunjang dalam kegiatan. Pada ruang server terdapat aplikasi dan basis data yang menyimpan informasi penting dan bernilai, Termasuk PT Berkah Trijaya Indonesia yang merupakan sebuah perusahaan penyedia jasa internet service provider yaitu yang bergerak di bidang telekomunikasi dan mempunyai server pribadi yang digunakan sebagai pusat data dan informasi seluruh staf dan karyawan. Peranan server sangat penting karena server harus selalu dalam kondisi hidup agar bekerja secara optimal untuk memenuhi seluruh kebutuhan informasi. Banyak faktor dapat menyebabkan kinerja server berkurang, salah satunya adalah faktor lingkungan. Suhu dan kelembaban pada ruang server wajib dilakukan pengecekan secara berkala. Sehingga diperlukan proses monitoring terhadap ruangan server. Monitoring pengendalian suhu pada saat ini masih dilakukan secara manual. Pemantauan secara manual menyebabkan karyawan harus sering kali masuk keruangan server untuk mengecek suhu incubator dalam jangka waktu berkala. Adanya alat yang dapat memantau ruang server ini, maka diharapkan administrator mendapatkan informasi suhu ruang server secara akurat dimanapun dan kapanpun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dedi Haryanto, S, Kom., M. Kom 2. Jimmie, S, Kom., M. Kom
Uncontrolled Keywords: Internet of Thing, Sistem Monitoring Suhu, Server Provide.
Subjects: Teknologi informasi > Jaringan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 03 Feb 2024 05:57
Last Modified: 03 Feb 2024 05:57
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28139

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.