HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN TINGKAT KELELAHAN PADA PEKERJA KULI BANGUNAN PERUMAHAN KOMERSIL DI DAERAH PLAJU

RAFIKA TIA FHADILLAH, NIM. 702020004 (2024) HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN TINGKAT KELELAHAN PADA PEKERJA KULI BANGUNAN PERUMAHAN KOMERSIL DI DAERAH PLAJU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702020004_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702020004_BAB II.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
702020004_BAB III.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
702020004_BAB IV.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
702020004_BAB V.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
702020004_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
702020004_LAMPIRAN.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
702020004_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kelelahan dapat didefinisikan sebagai kondisi tubuh yang sangat lelah, kekurangan energi, atau keletihan yang bisa bersifat fisik, mental, atau keduanya. Kelelahan sering kali terkait dengan stres, tuntutan kerja yang berlebihan, atau kurangnya istirahat yang memadai. Adapun faktor penyebab kelelahan kerja sangat bervariasi. Lingkungan kerja dapat mempengaruhi kinerja kerja, misalnya kebisingan, iklim kerja panas, pencahayaan yang buruk dan vibrasi dapat mengakibatkan ketidaknyamanan dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik individu dengan tingkat kelelahan pada pekerja kuli bangunan perumahan komersil di daerah plaju. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode deskriptif analitik untuk menganalisis hubungan karakteristik individu dengan tingkat kelelahan pada pekerja kuli bangunan dengan pendekatan cross sectional. Pada penelitian ini didapatkan 30 sampel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil uji Fisher’s Exact pada hubungan usia dan kelelelahan didapatkan sebesar 0,001 yang menunjukan terdapat hubungan yang bermakna antara hubungan karakteristik individu dengan tingkat kelelahan pada pekerja kuli bangunan perumahan komersil di daerah plaju. Hasil uji Fisher’s Exact pada hubungan durasi istirahat dan kelelelahan didapatkan nilai sebesar 1,000 yang menunjukan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara hubungan karakteristik individu dengan tingkat kelelahan pada pekerja kuli bangunan perumahan komersil di daerah plaju. Hasil uji Pearson chi-square pada hubungan status gizi dan kelelelahan didapatkan sebesar 0,180 yang menunjukan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara hubungan karakteristik individu dengan tingkat kelelahan pada pekerja kuli bangunan perumahan komersil di daerah plaju. Kata kunci : Kelelahan, Karakteristik Individu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. dr. Ardi Artanto, M.K.K, Sp. OK 2. dr. Noviyanti, M. Biomed
Uncontrolled Keywords: Kelelahan, Karakteristik Individu
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 03 Feb 2024 01:15
Last Modified: 03 Feb 2024 01:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28122

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.