ANALISIS PENIMBANGAN JUAL BELI BUAH SAWIT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI PT GML DESA MABAT BANGKA BELITUNG)

Muhammad Adi Wijaya, NIM. 642019014 (2023) ANALISIS PENIMBANGAN JUAL BELI BUAH SAWIT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI PT GML DESA MABAT BANGKA BELITUNG). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
642019014_BAB I_DAFTAR PUSTAKA_.pdf

Download (759kB) | Preview
[img] Text
642019014_Cover_sampai_lampiran...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK M. ADI WIJAYA, 642019014. Skripsi Yang Berjudul“Analisis Penimbangan Jual Beli Buah Sawit Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di PT GML Desa Mabat Bangka Belitung)”. Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana penimbangan jual beli buah sawit dalam perspektif ekonomi islam, bagaimana hukum jual beli dalam perspektif ekonomi islam, dan bagaimana dampak penimbangan jual beli buah sawit terhadap perspektif ekonomi islam. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penimbangan jual beli buah sawit dalam perspektif ekonomi islam, untuk mengetahui hukum jual beli dalam perspektif ekonomi islam, dan untuk mengetahui dampak penimbangan jual beli buah sawit terhadap perspektif ekonomi islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini berasal dari sebagian staff dan karyawan karyawan di PT. GML (Gunung Maras Lestari) Desa Mabat Bangka Belitung dan mengambil 8 narasumber karyawan untuk melakukan wawancara dalam melakukan timbangan jual beli buah sawit. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah praktek penimbangan buah sawit di PT GML Desa Mabat sudah sesuai dengan perspektif Ekonomi Islam karena ada penjual dan pembeli, akad yang biasanya terjadi disana akad khiyar ‘aib. Tetapi di PT GML Desa Mabat Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka tidak ada pengembalian akibat cacat barang karena kecil atau terjangkit penyakit hama pada sawit, pembeli tetap membeli buah sawit akan tetapi harganya turun sedikit atau ada pemotongan harga dari harga biasanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Drs. Hoirul Amri, M.E.SY 2. Rina Dwi Wulandari S.E,.M.Si
Uncontrolled Keywords: Analisis, Jual Beli, Buah Sawit, Perspektif Ekonomi Islam
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 31 Jan 2024 04:44
Last Modified: 31 Jan 2024 04:44
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/28071

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.