PERANAN DAKWAH MANHAJ SALAF DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER JAMAAH REMAJA MASJID IMAM ASY-SYAFI’I KECAMATAN PLAJU PALEMBANG

Surahma Rosyada, NIM. 612016104 (2020) PERANAN DAKWAH MANHAJ SALAF DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER JAMAAH REMAJA MASJID IMAM ASY-SYAFI’I KECAMATAN PLAJU PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016104_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
612016104 BAB 1-BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Surahma Rosyada, NIM: 612016104, Skripsi 2020. Judul: Peranan Dakwah Manhaj Salaf dalam Pembentukan Karakter Jamaah Remaja Masjid Imam Asy- Syafi'i Kecamatan Seberang Ulu II Palembang. Permasalahan dalam skripsi ini: Peranan Dakwah Manhaj Salaf dalam Pembentukan Karakter Jamaah Remaja Masjid Imam Asy-Syafi'i Kecamatan Seberang Ulu II Palembang adalah Bagaimana metode dakwah Manhaj Salaf di Masjid Imam Asy-Syafi'i di Kecamatan Seberang Ulu II Palembang? Bagaimana karakter jamaah remaja Masjid Imam Asy-Syafi'i di Kecamatan Seberang Ulu II Palembang sebelum dan sesudah kajian? Bagaimana peran dakwah Manhaj Salaf dalam pembentukan karakter remaja Masjid Imam Asy-Syafi'i Kecamatan Seberang Ulu II Palembang? Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 16 jamaah remaja masjid, adapun teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Setiap teknik pengumpulan data akan digunakan menjadi bahan kajian penelitian, terutama teknik wawancara dan angket yang akan diolah secara deskriptif, selanjutnya dijabarkan sebagai bentuk dari hasil wawancara. Hasil penelitian, kajian Manhaj Salaf ini belum sepenuhnya terlaksana dengan baik karena faktor penghambatnya tergolong masih tinggi, yaitu beberapa masyarakat yang menganggap aneh dan fanatik dalam beragama. Sehingga sebagian masyarakat yang melihat agak takut ragu untuk datang ke kajian tersebut. Dan faktor pendukungnya cukup baik sebagian para ustadz dan ustadzah nya serta jama'ahnya sama-sama memberikan waktu dan selalu hadir baik di masjid maupun di kajian online, dan para jama'ahnya rata-rata telah menempuh pendidikan yang cukup tinggi serta tingkat kesadaran jamaah untuk hadir di kajian mereka cukup kuat, dan dampak dari kajian Manhaj Salaf ini sangat baik banyak perubahan yang di alami ole para jamaah baik di bidang keyakinan, ibadah, tata cara berpakaian yang sengikuti sunnah Rosul dan lain sebagainya. Kata kunci: Manhaj Salaf, Metode Dakwah, Karakter Jamaah Remaja Masjid Sebelum dan Sesudah, dan Peranan Dakwah Manhaj Salaf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr Antoni M.H.I 2. Dr. Jamalludin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Manhaj Salaf, Metode Dakwah, Karakter Jamaah Remaja Masjid sebelum dan sesudah, Peranan Dakwah Manhaj Salaf
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 03 Jan 2024 05:06
Last Modified: 03 Jan 2024 05:06
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27905

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.