PENERAPAN SISTEM LELANG SUNGAI DI DESA JEJAWI KECAMATAN JEJAWI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH

Muhammad Sadewa, NIM. 642019027 (2023) PENERAPAN SISTEM LELANG SUNGAI DI DESA JEJAWI KECAMATAN JEJAWI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
642019027_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
642019027_BAB II.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
642019027_BAB III.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
642019027_BAB IV.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] Text
642019027_BAB V.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
642019027_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
642019027_cover_sampai_terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan Sistem Lelang Sungai di Desa Jejawi Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir. Menurut Perspektif Ekonomi Syari’ah, ini dilatarbelakangi dengan adanya lelang sungai secara tunai oleh masyarakat peserta lelang untuk memenangkan pelelangan di Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir. Terdapat beberapa faktor terjadinya lelang sungai dengan beberapa rumusan masalah yang diteliti yaitu : Bagaimana sistem lelang sungai di desa Jejawi Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir, bagaimana akad lelang sungai di desa Jejawi Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir menurut persefektif Ekonomi Syari’ah, dan bagaimana dampaknya menurut Hukum Ekonomi Islam. Skripsi ini bertujuan untuk membahas tentang tiga rumusan masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dimana informasi dan data didapatkan dengan cara meneliti secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hukum Islam mengenai penerapan sistem lelang sungai. Dalam hukum Ekonomi Islam tidak ada ketentuan dalam sistem sewa lelang sungai akan tetapi sistem lelang yang dilakukan harus sesuai syarat dan rukun yang berlaku. Hasil penelitian ini menunjukan sahnya akad ijarah atau sewa menyewa lelang, pertama kali harus dilihat terlebih dahulu orang yang melakukan perjanjian ijarah atau sewa menyewa tersebut, apakah kedua belah pihak telah memenuhi syarat untuk melakukan perjanjian pada umumnya atau tidak. Penting juga untuk diperhatikan bahwa kedua belah pihak cakap dalam bertindak dalam hukum yaitu mempunyai kemampuan dan dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Kata kunci : Penerapan, Sistem, Akad, Perspektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. M. Jauhari, S.E.,M.Si 2. Hendri Nur Alam, S.E.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Penerapan, Sistem, Akad, Perspektif.
Subjects: Ekonomi Syariah > Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 22 Dec 2023 01:04
Last Modified: 22 Dec 2023 01:04
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27847

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.