PERANAN DAYA REAKTIF PADA SALURAN SISTEM KELISTRIKAN DI PT. EKA SURYA MANDIRI

Daud Karimun, NIM. 132015019 (2020) PERANAN DAYA REAKTIF PADA SALURAN SISTEM KELISTRIKAN DI PT. EKA SURYA MANDIRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
132015019_BAB_ 1_SAMPAI _DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
132015019_BAB_ 2_ SAMPAI_ BAB_TERAKHIR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pengaruh daya reaktif pada sistem tenaga listrik terlalu besar tidak bagus untuk sistem tersebut, karena peranannya terlalu jelek pemakaiannya dan biaya pembayar kepada PLN besar hal ini meningkatkan cos Ө yang besar, sehingga berpengaruh meningkatkan daya kompleks (S, kVA/MVA). Sebab daya yang kita bayarkan ke PLN adalah daya kompleks (S). Sebaliknya juga tanpa daya reaktif pada sistem tenaga listrik tidak akan bisa untuk mengoperasikan peralatan listrik yang ada lilitan, atau yang ada sifat induktif. Jadi peranan daya reaktif terlalu besar pada sistem tenaga listrik tidak bagus, dan tanpa daya reaktif juga tidak bagus juga. Hampir semua peralatan listrik rumah tangga tersebut ada peranan daya reaktifnya atau pengaruh induktif. Agar tidak terlalu dominan peranan daya reaktif pada pemakainnya, hendaklah diimbangi pemakaiannya peralatan listrik tersebut dengan memasang komponen kapasitor (C) yang gunanya untuk menurunkan atau mengurangi peranan daya reaktif secara vektoris. Suatu peralatan listrik pada penggunaannya hendaklah dipasang komponen sisipan kapasitor yang tentunya kita terlebih dahulu melalui suatu perhitungan. Kata kunci : sifat induktif, daya reaktif, kapasitor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:46
Last Modified: 16 Dec 2023 04:39
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27805

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.