PERANAN BANK SYARIAH DALAM MENINGKATKAN USAHA KECIL MENENGAH (STUDI KASUS UNIT BANK SUMSEL BABEL SYARI’AH PALEMBANG)

Muhammad Ichsan, 642019002 (2023) PERANAN BANK SYARIAH DALAM MENINGKATKAN USAHA KECIL MENENGAH (STUDI KASUS UNIT BANK SUMSEL BABEL SYARI’AH PALEMBANG). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
642019002_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
642019002_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
642019002_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
642019002_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
642019002_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
642019002_COVER_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
642019002_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)

Abstract

MUHAMMAD ICHSAN. 642019002. Skripisi dengan judul “PERANAN BANK SYARI’AH DALAM MENINGKATKAN USAHA KECIL MENENGAH (STUDI KASUS UNIT BANK SUMSEL BABEL SYARIAH PALEMBANG)”. Bank sumsel babel syariah merupakan unit dari PT bank pembangunan Daerah Sumsel yang melayani produk perbankan syariah termasuk tabungan haji. Bank sumsel babel (sebelumya adalah bank sumsel ) bank daerah yang saham terbesarnya dimiliki oleh pemerintah daerah sumatra selatan dan bangka belitung. Metode yang digunkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengethui bagaiamana peranan perbankan syariah dalam meningkatkan Usaha Kecil Menengah yang berada dikota Palembang, Apa upaya yang dilakukan oleh Bank Syariah dalam meningkatkan pembiayaan Usaha Kecil Menengah, Apa saja kendala yang dihadapi Bank Sumsel Babel Syariah dalam meningkatkan usaha kecil menengah, dan Bagaimana UMKM memanfaatkan kerjasama dengan Bank Sumsel Babel Syariah dalam pembiayaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adlah peranan Bank Sumsel Babel Cabang Pembantu Muhammadiyah memberikan pinjaman chas collateral kepada pelaku usaha dengan tujuan untuk meningkatkan Usaha mikro kecil menengah. peran Bank Sumsel Babel Syariah saat ini adalah membantu sektor UMKM, Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan pembiayaan UMKM, Bank Sumsel Babel Syariah meningkatkan pembiayaanpembiayaan syariah dengan akad bagi hasil seperti mudharabah ataupun musyarakah untuk disalurkan kepada masyarakat dan digunakan untuk menjalankan kegiatan usaha pada sektor UMKM, Kendala yang dihadapi Bank Sumsel Babel Syariah dalam meningkatkan usaha kecil menengah yaitu sumber dana, SDM, dan teknologi yang belum mumpuni serta penunggakan pembayaran peminajaman dana cash dari pelaku usaha, UMKM memanfaatkan pinajaman dana dari Bank Sumsel Babel syariah untuk membuka usaha berupa konter dan Alhamdulillah saya sangat bersyukur karena dengan pinjaman dana dari Bank Sumsel Babel Syariah saya dapat membantu perekonomian dikeluarga saya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Rulitawati, S.Ag., M.Pd.I 2. Hendri Nur Alam, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Peranan, Bank Syari’ah dan Usaha Kecil
Subjects: Ekonomi Syariah > Bank Syariah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 07 Dec 2023 04:39
Last Modified: 07 Dec 2023 04:39
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27733

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.