EFISIENSI AKUMULATOR TERHADAP KERJA MOTOR DC SEBAGAI ALAT PENYIRAM TANAMAN BERBASIS SOLAR CELL

M Alif Bomantara, NIM. 132019103 (2023) EFISIENSI AKUMULATOR TERHADAP KERJA MOTOR DC SEBAGAI ALAT PENYIRAM TANAMAN BERBASIS SOLAR CELL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
Skripsi M Alif Bomantara 132019103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi akumulator dalam konteks penggunaanya sebagai komponen penting dalam sistem penyiraman tanaman berbasis solar cell yang menggerakan motor DC. Yang dimana selama ini masih menggunakan listrik dari PLN dan telah mendorong minat yang meningkat dalam teknologi berkelanjutan, seperti solar cell, untuk memenuhi kebutuhan pertanian. Salah satu sistem yang menarik adalah sistem penyiraman tanaman berbasis solar cell, yang dapat memanfaatkan sumber daya energi matahari yang melimpah dan menghindari ketergantungan pada pasokan listrik dari PLN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi akumulator memiliki dampak signifikan pada kinerja sistem secara keseluruhan. Faktor-faktor seperti tipe akumulator, tingkat pengisian ulang, dan efek penurunan kapasitas selama umur akumulator memiliki peran yang penting dalam menentukan sejauh mana sistem ini dapat menghadirkan solusi yang efektif dalam penyiraman tanaman berbasis solar cell. Efisiensi yang lebih tinggi dalam manajemen daya dapat menghasilkan penghematan energi yang signifikan dan memastikan operasi yang konsisten, bahkan dalam kondisi cuaca yang berubah￾ubah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1)Sofiah,S.T.,M.T 2)Muhammad Hurairah, S.T.,M.T
Uncontrolled Keywords: Efisiensi, Motor DC, Solar Cell
Subjects: Elektro > Elektronika
Elektro > Kapasitor
Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 02 Dec 2023 06:55
Last Modified: 02 Dec 2023 06:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27697

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.