Bentuk pembinaan yang dilakukan oleh lembaga Pemasyarakatan terhadap narapidana residivis agar tidak mengulangi tindak pidana

Rahmad Juliansyah, NIM. 502019104 (2022) Bentuk pembinaan yang dilakukan oleh lembaga Pemasyarakatan terhadap narapidana residivis agar tidak mengulangi tindak pidana. Skripsi thesis, Universitas Muhamaddiyah palembang.

[img]
Preview
Text
502019104_BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
BAB I - BAB IV SELESAI RAHMAD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB)

Abstract

BENTUK PEMBINAAN YANG DILAKUKAN OLEH LEMBAGA PEMASYARAKATAN TERHADAP NARAPIDANA RESIDIVIS AGAR TIDAK MENGULANGI TINDAK PIDANA RAHMAD JULIANSYAH 502019104 Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimanakah Bentuk pembinaan yang dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan terhadap narapidana residivis agar tidak kembali mengulangi tindak pidana dan apakah yang menjadi penghambat di dalam pembinaan narapidana guna terciptanya kesadaran lingkungan yang kondusif di Lembaga Pemasyarakatan. Jenis penelitian dalam skripsi ini termasuk kategori penelitian hukum normatif yang diawali dengan mengkaji data sekunder dalam bentuk data kepustakaan yang berkaitan dengan permasalahan. Data sekunder dalam bentuk bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat disimpulakn bahwa bentuk pembinaan narapidana residivis di Lembaga Pemasyarakatan dalam pembinaan terhadap narapidana menerapkan perlakuan yang manusiawi dan seimbang antara pembinaan jasmani dan rohani berdasarkan Pancasila. Proses Pemasyarakatan itu sendiri yang harus dijalani narapidana dapat ditinjau dari dua segi, yaitu dari segi keamanan (security) dan dari segi pembinaannya yang terdiri atas pembinaan di dalam dan di luar Lembaga Pemasyarakatan. Dalam kaitannya untuk menciptakan Lembaga Pemasyarakatan yang memenuhi harapan tersebut, ternyata bukan hanya dukungan sistem secara internal saja, akan tetapi dukungan eksternal dari instansi atau lembaga lain atau dari masyarakat luas sangat diperlukan sekali terutama yang berkaitan dengan pengadaan sumber daya manusia serta penerimaan masyarakat yang positif terhadap bekas narapidana. Dan faktor penghambat dalam pembinaan narapidana di Lembaga Pemasyarakatan antara lain faktor intern, meliputi sarana peraturan perundangundangan, sarana personil (petugas Lembaga Pemasyarakatan), warga binaan, sarana bangunan, metode pembinaan, kehidupan sosial penghuni serta faktor ekstern meliputi stigmatiasasi masyarakat, sikap keluarga warga binaan, putusan pengadilan, dan instansi terkait dengan pembinaan. Kata Kunci : Pembinaan, Lembaga Pemasyarakatan, Residivis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. M. Soleh idrus, SH., MS 2. Hj. Yonani, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Lembaga Pemasyarakatan, Residivis.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Acara Pidana
Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Ilmu Hukum > Kejahatan
Ilmu Hukum > Undang-Undang, Peraturan-peraturan, Perkara-perkara
Ilmu Hukum > Undang-undang Dasar
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:45
Last Modified: 01 Dec 2023 02:45
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27668

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.