Pendekatan Rancang Kota pada Masalah Banjir Kota Palembang

Kamil, Erfan M. and Asysyauki, Akhmad Hamdi and Diem, Anson Ferdiant (2023) Pendekatan Rancang Kota pada Masalah Banjir Kota Palembang. TekstuReka, 1 (1). pp. 11-21. ISSN 3025-3616

[img]
Preview
Text
2023_TekstuReka_Pendekatan Rancang Kota pada Masalah Banjir Kota Palembang.pdf

Download (647kB) | Preview

Abstract

Banjir di kota Palembang disebabkan berbagai faktor. Tidak memadai dan belum terkoneksinya jaluran drainase kota, serta kondisi geomorfologi kota yang merupakan dataran rendah dengan sungai dan rawa menjadi penyebab banjir yang rutin terjadi. Berbagai cara untuk mengatasi banjir telah dikerjakan tetapi masih belum efektif, banjir masih terjadi dan kerugian yang ditimbulkan juga semakin banyak. Salah satu pendekatan yang diusulkan untuk diterapkan dalam mengatasi banjir adalah dengan pendekatan tata ruang, dengan tidak mengabaikan aspek teknis lainnya. Menemukenali sumber masalah banjir dan kemudian memilah bagian yang berkaitan dengan pendekatan keruangan, terutama tata ruang kota untuk selanjutnya memberikan solusi yang tepat guna. Metode yang dilakukan adalah studi literatur dan studi banding terhadap beberapa kasus yang serupa dengan kota Palembang untuk kemudian diambil pendekatan yang terbaik. Hasil penelitian ini adalah perlunya menyusun rencana terpadu pengendalian banjir, mengembalikan persentase ruang terbuka hijau sampai dengan 30%, memperbaiki drainase dan membuat saluran air pembuangan air hujan langsung (storm water drain) dan mengembalikan sungai, rawa sebagai pengendali air.

Item Type: Article
Subjects: Artikel Dosen
Divisions: Lain - Lain > Jurnal
Depositing User: ERFAN M. KAMIL
Date Deposited: 01 Dec 2023 04:18
Last Modified: 01 Dec 2023 04:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27664

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.