Comparative Advantage Produk Pembiayaan Haji Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Plaju

Sri Motik Yuliani, NIM 642019023 (2023) Comparative Advantage Produk Pembiayaan Haji Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Plaju. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
642019023_BAB I_DAFTAR PUSTAKA_PDF.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
62019023_BAB III_PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
642019023_BAB IV_PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
642019023_BAB V_PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
642019023_DAFTAR PUSTAKA_PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
642019023_LAMPIRAN_PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[img] Text
642019023_BAB II_PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
642019023_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN_PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Yuliani, Motik, Sri. 2023. Comparative Advantage Produk Pembiayaan Haji Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Plaju. Program Studi Ekonomi Syari’ah, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (I) Dr. Suroso, S.Ag., M.Pd.I (II) Rijalush Shalihin, S.E.I, M.H.I Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui mengenai produk pembiayaan Haji yang ada pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu (KCP) Plaju serta tolak ukur keberhasilan produk pembiayaan Haji pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu (KCP) Plaju. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Yaitu menjelaskan produk-produk pembiayaan Haji dan juga tolak ukur keberhasilan produk pembiayaan Haji. sumber data yaitu meliputi data primer berupa hasil wawancara dengan narasumber terkait dan data sekunder berupa studi pustaka dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji kepercayaan data meliputi kredebilitas, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Produk pembiayaan porsi Haji menggunakan akad qardh yang diatur didalam Fatwa DSN-MUI NO: 19/DSN- MUIAV/2001 tentang al-qardh. Dengan membayarkan ijarah sebesar RP.1.000.000 untuk mendapatkan porsi Haji. Sehingga selanjutnya nasabah hanya tinggal membayar cicilan porsi Haji tersebut dalam kurun waktu yang telah dipilih atau ditentukan selama maksimal 5 tahun lamanya. Produk pembiayaan porsi Haji di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu (KCP) Plaju mengalami penurunan yang sangat signifikan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir dikarenakan beberapa faktor yaitu kurangnya edukasi mengenai produk pembiayaan porsi Haji kepada masyarakat maupun mahasiswa. Sehingga perlu adanya evaluasi mendalam guna mengatasi permasalahan yang terjadi di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu (KCP) Plaju, agar masyarakat maupun mahasiswa mengenal Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu (KCP) Plaju dan Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu (KCP) Plaju menjadi terkenal serta familiar di kalangan masyarakat maupun mahasiswa. Kata Kunci: Comparative Advantage, Pembiayaan, Haji

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I Dr. Suroso, S.Ag., M.Pd.I Pembimbing II Rijalush Shalihin, S.E.I, M.H.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Comparative Advantage, Pembiayaan, Haji
Subjects: Ekonomi Syariah > Bank Syariah
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 27 Nov 2023 00:47
Last Modified: 27 Nov 2023 00:47
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27655

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.