IMPLEMENTASI SISTEM PENCEGAHAN KECURANGAN PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT KOTA PRABUMULIH PADA MASA PANDEMI COVID 19

FADLIANA, NIM. 91220075 (2022) IMPLEMENTASI SISTEM PENCEGAHAN KECURANGAN PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT KOTA PRABUMULIH PADA MASA PANDEMI COVID 19. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
91220075_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.....pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Tesis Fadliana MH 2023 jadi ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah implementasi sistem pencegahan kecurangan saat terdapatnya potensi kecurangan yang meningkat dengan kondisi pandemi dan pembiayaan pelayanan pasien Covid-19. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi sistem pencegahan kecurangan di Rumah Sakit Kota Prabumulih? 2) Apa saja bentuk kecurangan di Rumah sakit Kota Prabumulih pada masa pandemi Covid-19? Metode penelitian adalah penelitian empiris dengan sumber data primer dari wawancara dengan Dinas Kesehatan Kota Prabumulih, BPJS Kesehatan Kota Prabumulih dan 4 Rumah Sakit di Prabumulih dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi sistem pencegahan kecurangan pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Kota Prabumulih pada masa pandemi Covid 19 di Dinas Kesehatan dan BPJS KC Prabumulih sudah cukup baik, namun untuk di Rumah Sakit Kota Prabumulih perlu ditingkatkan dalam empat aspek sistem pencegahan kecurangan. Bentuk kecurangan yang dapat terjadi dalam masa Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Kota Prabumulih adalah iur biaya untuk pemeriksaan skrinning antigen Covid-19, memperpanjang lama rawatan klaim Covid-19, menambahkan diagnosa komorbid pada klaim covid, mengajukan klaim berulang baik ke JKN maupun klaim covid dan kecurangan peserta di Rumah Sakit dimana menggunakan identitas peserta lain dalam mendapatkan penjaminan. Kata Kunci: Pencegahan Kecurangan, Jaminan Kesehatan, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Hukum > Aneka Ragam Hukum Publik
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 21 Nov 2023 04:13
Last Modified: 21 Nov 2023 04:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27612

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.