Pengaruh kompetensi kepribadian guru kelas 5 terhadap akhlak peserta didik di SD Muhammadiyah 14 Palembang

Tara Putri Mortalisa, NIM. 622019055 (2023) Pengaruh kompetensi kepribadian guru kelas 5 terhadap akhlak peserta didik di SD Muhammadiyah 14 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
622019055_COVER_SAMPAI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah 1.Untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru kelas 5 di SD Muhammadiyah 14 Palembang. 2.Untuk mengetahui akhlak peserta didik kelas 5 di SD Muhammadiyah 14 Palembang. 3. Untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak peserta didik kelas 5 di SD Muhammadiyah 14 Palembang. Permasalahan dalam penulisan skripsi ini 1) Bagaimana kompetensi kepribadian guru kelas 5 di SD Muhammadiyah 14 Palembang, (2) Bagaimana akhlak peserta didik kelas 5 di SD Muhammadiyah 14 Palembang, (3) Adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak peserta didik kelas 5 di SD Muhammadiyah 14 Palembang. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak peserta didik. Metode ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dikelas 5 di SD Muhammadiyah 14 Palembang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Kompetensi kepribadian guru kelas 5 di SD Muhammadiah 14 Palembang berada dalam kategori tinggi. Karena guru sudah bertindak sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik. Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil dewas, arif, dan berwibawa. 2). Akhlak peserta didik kelas 5 di SD Muhammadiah 14 Palembang berdasarkan hasil penelitian dengan responden sebanyak 25 berada dalam katagori tinggi, karena siswa sudah memiliki sifat sabar, jujur, rendah hati,sopan, gigih, lembut dan santun terhadap guru. 3).Terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru kelas 5 terhadap akhlak peserta didik di SD Muhammadiah 14 Palembang. Karena guru menghargai peserta didik tanpa membedakan, Berperilaku yang mencerminkan ketakwaan maupun akhlak mulia dan berperilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya. Kata Kunci : Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Akhlak Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 17 Nov 2023 01:07
Last Modified: 17 Nov 2023 01:07
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27585

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.