POTENSI LKPD ELEKTRONIK PRAKTIKUM BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

DINA YUSNITA, NIM. 93220009 (2023) POTENSI LKPD ELEKTRONIK PRAKTIKUM BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
93220009_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
93220009_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
93220009_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
93220009_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
93220009_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
93220009_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
93220009_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46MB)
[img] Text
93220009_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68MB)

Abstract

Perkembangan abad 21 menuntut berbagai keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik, sehingga diharapkan bahan ajar yang diberikan dapat memfasilitasi pembelajaran berbasis teknologi. Hasil analisis kebutuhan awal menunjukan bahwa rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik, ba- han ajar yang kurang menunjang, dan belum menerapkan model pembelaja- ran sehingga nilai peserta didik masih banyak yang dibawah KKM. Tujuan penelitian untuk mengembangkan bahan ajar LKPD Elektronik Praktikum da- lam meningkatkan Keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan model PBL. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan melalui 4 tahapan yaitu define, design, develop, dan dessiminate. Populasi dan sampel penelitian meliputi SMAN 4, SMAN 9, dan SMAN 19 Palembang, se- dangkan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas X MIPA B dan C. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan test tertulis. Analisis data menggunakan validitas, realibilitas, dan N-Gain. Hasil penelitian ini terdiri dari (1) Tahap define diperoleh bahwa guru dan peserta didik membutuhkan LKPD Elektronik Praktikum berbasis PBL untuk meningkatkan keterampilan ber- pikir kritis; (2) Tahap design meliputi perancangan kisi-kisi soal pretest dan posttest sesuai indikator berpikir kritis dengan hasil validasi evaluasi rata-rata 95% dengan kualifikasi sangat baik; (3) Tahap develop menunjukkan validasi dari validator bahasa 92%, materi 89%, media 92%, dan perangkat pembela- jaran 99% dengan kualifikasi baik dan sangat baik. Kepraktisan diambil dari respon peserta didik 91% dan 2 orang guru 95% dan 92% menunjukan respon sangat praktis; (4) Tahap disseminate menunjukkan bahwa penggunaan LKPD Elektronik Praktikum berbasis PBL mampu meningkatkan Keterampilan ber- pikir kritis peserta didik berdasarkan nilai N-Gain X MIPA B 0,72 dan X MIPA C 0,75 dengan kriteria tinggi dan hasil penilaian psikomotorik peserta didik yaitu 88%, 91%, dan 86% dengan kategori sangat baik. LKPD Elektronik Prak- tikum berbasis PBL memiliki potensi dalam meningkatkan keterampilan ber- pikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Sri Wardhani, M.Si 2. Dr. Meli astriani, M.Si
Uncontrolled Keywords: LKPD Elektronik, Praktikum, PBL, Berpikir kritis, Bakteri.
Subjects: Biologi
L Education > L Education (General)
Divisions: PPS Pendidikan Biologi (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:53
Last Modified: 13 Nov 2023 06:53
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27557

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.