PEBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT)SERUNI OLEH PENYULUH PERTANIAN DI DESA CINTA MANIS BARU KECAMATAN AIR KUMBANG KABUPATEN BANYUASIN

MUHAMMAD DAFFA BILLY REAGEN, NIM. 412019041 (2023) PEBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT)SERUNI OLEH PENYULUH PERTANIAN DI DESA CINTA MANIS BARU KECAMATAN AIR KUMBANG KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412019041_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
412019041_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412019041_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412019041_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412019041_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412019041_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412019041_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
412019041_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD DAFFA BILLY REAGEN “Peberdayaan Kelompok Wanita Tani (Kwt)Seruni Oleh Penyuluh Pertanian Di Desa Cinta Manis Baru Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin” Dibimbing Oleh RAHMAT KURNIAWAN dan SISVABERTI AFRIYATNA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pemberdayaan masyarakat melalui kelompok wanita tani (KWT) seruni dan mengetahui perkembangan kelompok wanita tani (KWT) seruni di Desa Cinta Manis Baru Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini telah dilakukan di Desa Cinta Manis Baru Kecamatan Air Kumbang Permata Kabupaten Banyuasin. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode survey. Metode penarikan contoh dalam penelitian ini menggunakan metode Purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara secara mendalam. Adapun langkah-langkah dalam melakukan proses pengolahan data yang dilakukan editing, coding dan tabulasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukan pada pemberdayaan masyarakat melalaui Kelompok Wanita Tani (KWT) seruni di Desa Cinta Manis Baru Kecamatan air Kumbang Kabupaten Banyuasin adalah 1) pemberdayaan dalam kegiatan usahatni dengan melakukan usahatani cabai merah keriting 2) pemberdayaan dalam kegiatan produksi dengan melakukan kegiatan produksi keripik ubi dan 3) pemberdayaan pada kegiatan gotong – royong dan keagamaan telah melakukan gotong royong menbersihkan lingkungan desa seta melakukan kegiatan rutinitas pengajian. Perkembangan Kelompok Wanita Tani (KWT) seruni desa Cinta Manis Baru Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyusin pada kegiatan-kegatan yang telah dilakukan telah berkembang dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Rahmat Kurniawan, S.P., M.Si 2. Sisvaberti Afriyatna, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pemberdaayaan, Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Penyuluh Pertanian
Subjects: Agribisnis > Penyuluhan Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 06 Nov 2023 04:24
Last Modified: 06 Nov 2023 04:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27494

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.