Pengaruh Metode Joyfull Learning Pada Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Di SMP Alam Kiai Marogan

Nadya Nur Afifah, NIM. 622019037 (2023) Pengaruh Metode Joyfull Learning Pada Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Di SMP Alam Kiai Marogan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622019037_ BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf

Download (804kB) | Preview
[img] Text
622019037_ BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
622019037_ BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
622019037_ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
622019037_ BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
622019037_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
622019037_ COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Nadya Nur Afifah, NIM 622019037, Skripsi yang berjudul “Pengaruh Metode Joyfull Leraning Pada Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Di SMP Alam Kiai Marogan”. Adapun permasalahan diantaranya sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan metode joyfull learning pada hasil pembelajaran pendidikan agama Islam PAI siswa di SMP Alam Kiai Marogan. (2) Bagaimana masalah yang dihadapi dalam metode joyfull learning pada hasil pembelajaran PAI siswa di SMP Alam Kiai Marogan. (3) Bagaimana upaya untuk menerapkan metode joyfull learning pada hasil pembelajaran pendidikan agama Islam PAI siswa di SMP Alam Kiai Marogan. Skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya proses pembelajaran di sekolah dasar maupun menengah atas yang masih berpusat pada guru, dan dimana guru masih aktif sebagai pemberi informasi dan mendominasi pembelajarannya sedangkan peserta didik sebagai penerima informasi. kenyataannya materi pemebalajaran masih sangat ditentukan oleh guru, maka dari itu peserta didik harus menerapkan metode yang menyenangkan, sebab peserta didik mampu mengaktifkan suasana kelas yang dapat berfikir kritis dalam pembelajaran. karena pada metode joyfull learning ini dapat membuat siswa lebih nyaman, asyik dan tidak merasa jenuh saat pembelajaran melainkan membuat pembelajaran semakin lebih aktif dan mampu meningkatkan prestasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana menerapkan metode joyfull learning pada hasil pembelajaran PAI siswa di SMP Alam Kiai Marogan. (2) masalah yang dihadapi dalam metode joyfull learning pada hasil pembelajara PAI siswa di SMP Alam Kiai Marogan. (3) upaya menerapkan metode joyfull learning pada hasil pembelajaran PAI siswa di SMP Alam Kiai Marogan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis data yang dapat diukur atau dihitung secara langsung yang berupa informasi atau penjelasan yang dinyatakan dengan bilangan atau berbentuk angka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode joyfull learning pada hasil pembelajaran PAI siswa di SMP Alam Kiai Marogan sudah cukup baik. (2) mengetahui masalah yang dihadapi dalam metoe joyfull learning pada hasil pembelajaran PAI siswa di SMP Alam Kiai Marogan yaitu Karena pembelajaran PAI kurang diminati oleh siswa bahkan dalam pembelajaran PAI siswa terkadang bosan dan juga saat pembelajaran tidak semangat. (3) upaya untuk menerapkan metode joyfull learning yaitu dengan menggunakan metode joyfull learning pembelajarannya dengan cara menyenangkan membuat siswa tidak bosan atau jenuh, mampu menciptakan daya minat, kreativitas serta siswa menjadi aktif saat pembelajaran. Kata Kunci: Joyfull Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1: Dr. Azwar Hadi, S.Ag.,M.Pd.I Pembimbing 2: Dr. Ahmad Jumhan, S.Ag.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Joyfull Learning
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 01 Nov 2023 01:30
Last Modified: 01 Nov 2023 01:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27415

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.