MONITORING BEBAN PADA POMPA AIR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS)

LUTHFI TRI AFRIANSYAH, NIM. 132019024 (2023) MONITORING BEBAN PADA POMPA AIR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
132019024_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (867kB) | Preview
[img] Text
132019024_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text
132019024_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
132019024_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
132019024_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] Text
132019024_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
132019024_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
132019024_Cover-sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Energi baru dan energi terbarukan (EBT) masih jarang digunakan di Indonesia karena masyarakat belum memahaminya. Salah satu potensi EBT yang dapat dimanfaatkan masyarakat adalah energi surya dan angin kinetik. Energi matahari dapat digunakan sebagai energi listrik melalui panel surya, dan energi kinetik angin dapat diubah menjadi energi listrik melalui generator angin atau turbin angin. Pembangkit hybrid dapat mengefektifkan sistem pembangkit listrik dengan saling membantu untuk memperbaiki kekurangan masing-masing pembangkit. Pelaksanaan monitoring pembangkit hybrid tersebut masih banyak dilakukan secara manual. Sekalipun pengukuran dilakukan oleh alat ukur dan dicatat secara langsung, data yang diperoleh dengan cara ini juga terbatas. Jika pemantauan dilakukan secara otomatis dan teratur, maka akan lebih efisien dan efektif. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui beban inverter PLTS dan mengetahui beban pompa air PLTS. Metodelogi yang dilakukan mulai dari studi literature,pengumpulan data, monitoring beban inverter, output input inverter beban, perhitungan, analis, dan kesimpulan. Hasil Pengujian monitoring beban inverter PLTS dilakukan sebanyak 17 kali percobaan dengan interval waktu selama lima menit di setiap pengukuran. Selama pengukuran tegangan tidak mengalami kenaikan, tegangannya tetap atau konstan selama pengujian, sedangkan untuk nilai arusnya tetap tidak mengalami perubahan sebesar 10,0 Ampere. Pengujian output inverter ke beban dilakukan sebanyak 10 kali percobaan dengan interval waktu selama lima menit di setiap pengukuran. Dimana untuk percobaan pertama nilai tegangannya 12.40 V hingga ke pengujian ke 10 nilai tegangannya naik sebesar 12.44 V, sedangkan untuk nilai arusnya tidak mengalami perubahan atau konstan. Pada pengujian ini interval waktunya lima menit sekali disetiap pengukuran. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada pengujian diatas nilai tegangan naik sebesar 12.44 V dan arusnya tidak mengalami perubahan. Hasil perhitungan monitoring beban pada inverter di PLTS Pukul 11.10 yaitu sebesar 22 Volt. Pengujian dilakukan sebanyak 17 kali. Dimana untuk keluaran inverter pada pengujian beban pada inverter di PLTS bahwa daya keluarannya adalah konstan atau tidak ada perubahan di setiap pengujian. Hal ini dikarenakan pada saat pengujian beban yang digunakan tetap atau tidak ada penambahan beban. Hasil perhitungan beban pompa air di PLTS Pukul 10:05 yaiu seebsar 0.372 Volt. Pengujia ini dilakukan sebanyak 10 kali pengujian dengan interval waktunya sebesar lima menit sekali di setiap pengujian. Hasil menunjukan bahwa pengujian yang dilakukan sebanyak 10 kali percobaan yang mana nilai keluaran pada inverter tidak mengalami mengalami perubahan. Hal ini dipengaruhi oleh beban yang digunakan adalah beban konstan. Kata Kunci: Solar Cell, Inverter, Beban, Pompa Air

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Feby Ardianto, S.T.,,M.Cs 2. Dr. Bengawan Alfaresi, S.T.,M.T.,IPM
Uncontrolled Keywords: Solar Cell, Inverter, Beban, Pompa Air
Subjects: Elektro > Elektromagnetik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:22
Last Modified: 31 Oct 2023 06:22
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27412

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.