PROSEDUR UNTUK MEMPEROLEH PENGAKUAN YANG SAH BERUPA AKTA KELAHIRAN TERHADAP ANAK LUAR KAWIN

Ahmad Ridla Saputra, NIM. 502018134 (2023) PROSEDUR UNTUK MEMPEROLEH PENGAKUAN YANG SAH BERUPA AKTA KELAHIRAN TERHADAP ANAK LUAR KAWIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018134_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.....pdf

Download (751kB) | Preview
[img] Text
502018134_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
502018134_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
502018134_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
502018134_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
502018134_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
502018134_Cover_Sampai_Lampiran - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PROSEDUR UNTUK MEMPEROLEH PENGAKUAN YANG SAH BERUPA AKTA KELAHIRAN TERHADAP ANAK LUAR KAWIN AHMAD RIDLA SAPUTRA 502018134 Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana prosedur untuk memperoleh pengakuan yang sah berupa akta kelahiran terhadap anak luar kawin dan apa kendala yang menyebabkan sulitnya pencatatan untuk memperoleh pengakuan yang sah berupa akta kelahiran terhadap anak luar kawin. Selaras dengan tujuan yang bermaksud menelusuri prinsip-prinsip hukum, terutama yang ada sangkut paut dengan analisis hukum hak-hak anak luar kawin untuk memperoleh pengakuan yang sah berupa akta kelahiran, maka jenis penelitiannya adalah penelitan hukum empiris (sosiologis) yang bersifat deskriptif (rnenggambarkan) dan tidak bermaksud untuk menguji hipotesa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Prosedur untuk memperoleh pengakuan yang sah berupa akta kelahiran terhadap anak luar kawin yaitu berdasarkan Pasal 53 Peraturan Presiden Nomor 25 Tahuri 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, bahwa prosedur pencatatan kelahiran penduduk Warga Negara Indonesia dapat dilakukan dengan tata cara: a. Penduduk Warga Negara Indonesia mengisi formulir Surat Keterangan Kelaliiran dengan mengajukan persyaratan yang di atas kepada petugas register di kantor desa/kelurahan b. Formulir Curat Keterangan Kelahiran sebagaimana dimaksud pada huruf 1 ditandatangani oleh pemohon dan diketahui oleh kepala Desa/Lurah c. Kepala Desa/Lurah berkevvajiban meneruskan Formulir Surat Keterangan Kelahiran kepada UPTD Instansi Pelaksana untuk diterbitkan kutipan Akta Kelahiran d. Dalam hal UPTD Instansi pelaksana tidak ada, Kepala Desa/Lurah menyampaikan ke kecamatan untuk meneruskan Formulir Surat Keterangan Kelahiran kepada Instansi pelaksana e. Pejabat Pencatatan Sipil pada Instansi Pelaksana/UPTD Instansi pelaksana mencatat dalam Register/Akta Kelahiran dan menerbitkan Kutipan Akta Kelahiran dan menyampaikan kepada Kepala Desa/Lurah atau kepada pemohon. 2. Kendala yang menyebabkan sulitnya pencatatan untuk memperoleh pengakuan yang sah berupa akta kelahiran terhadap anak luar kawin yaitu karena birokrasi yang berbelit-belit dan mahalnya biaya untuk mengurus akta kelahiran, sehingga membuat masyarakat enggan untuk mengurus akta kelahiran ditambah lagi pengetahuan masyarakat tentang pentingnya akta kelahiran bagi masa depan anak masih sangat minim. Kata Kunci : Pengakuan, Akta Kelahiran, Anak Luar Kawin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. M. Soleh Idrus,S.H.,M.s 2. Rusniati,S.E.,S.H.,M.H.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pengakuan, Akta Kelahiran, Anak Luar Kawin.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 31 Oct 2023 01:22
Last Modified: 31 Oct 2023 01:22
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27396

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.