KEARIFAN LOKAL DALAM MEMANFAATKAN LUBUK LARANGAN (Studi Kasus Masyarakat Desa Beringin Jaya Kecamatan Kikim Selatan Kabupaten Lahat)

Muhammad Ciliuba, NIM. 452018005 (2023) KEARIFAN LOKAL DALAM MEMANFAATKAN LUBUK LARANGAN (Studi Kasus Masyarakat Desa Beringin Jaya Kecamatan Kikim Selatan Kabupaten Lahat). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
452018005 _BAB I_DAFTAR PUSTAKA.....pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II Aci.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN aci.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN aci.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA acil.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
LAMPIRAN acil.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)
[img] Text
452018005 _FULL Skripsi acil siap jilid buku skripsi-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kearifan lokal adalah kebenaran yang telah mentradisi dalam suatu daerah. Kearifan lokal memiliki kandungan nilai kehidupan yang tinggi dan layak terus digali, dikembangkan. Lubuk Larangan Desa Beringin Jaya merupakan zona atau kawasan yang berada di sungai yang ditetapkan masyarakat berdasarkan kesepakatan adat sebagai batasan untuk tidak boleh mengambil atau merusak habitat ikan dan pengambilan (bekarang) ikan hanya boleh di lakukan satu tahun sekali yaitu sebelum Lebaran Haji/Idul Adha, Kawasan Lubuk Larangan memiliki aturan yang telah disepakati bersama apabila ada lapisan masyarakat yang melanggar akan dikenakan sangsi adat dan sangsi ekonomi. penelitian dilaksanakan untuk mengetahui potensi sumber daya alam Sungai Pangi, potensi sosial, ekonomi, ekologi, implementasi kearifan lokal. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Beringin Jaya Kecamatan Kikim Selatan Kabupaten Lahat. Metode yang digunakan adalah Kualitatif. Penentuan Data dan Informan yang digunakan adalah Observasi lapangan, wawancara mendalam dengan informan kunci dan Penentuan informan dilakukan secara purposive. Analisis Data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa potensi yang ada adalah potensi ikan lokal, batu sungai, pasir, koral, dan saluran irigasi sebagai potensi sumber daya alam, potensi Lubuk Larangan yaitu masyarakat bekarang bersama-sama dan sosial, ekonomi, dan ekologi adalah masyarakat mandi dan mengambil air pada saat musim kemarau, gotong royong menanam padi darat (Nugal), memanfaatkan lahan disekitar Sungai Pangi, menjual hasil ikan tangkapan, melestarikan sungai, sumber air bersih, dan menyelamatkan ikan khas lokal. Kata Kunci: Kearifan Lokal, Potensi Sumber Daya Alam, Potensi sosial, ekonomi, ekologi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Ir. Lulu Yuningsih, S.Hut.,M.Si., IPU 2.Dr. Ir. Y. Hidayat, S.Hut.T.,M.Si., IPU., ASEAN.Eng
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kearifan Lokal, Potensi Sumber Daya Alam, Potensi sosial, ekonomi, ekologi
Subjects: Kehutanan > Hasil Hutan Non Kayu
Kehutanan > Konservasi Sumber Daya Alam
Kehutanan > ekologi hutan
Divisions: Fakultas Pertanian > Kehutanan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:08
Last Modified: 30 Oct 2023 02:08
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/27365

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.